11 Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Tak Deg-Degan di Hari Pernikahan

Tips Saat Hari Pernikahan - RIRISACI Studio

RIRISACI StudioHari pernikahan selalu menjadi hari yang paling dinanti-nanti semua orang. Tak jarang Anda akan menyiapkannya dari jauh-jauh hari agar acara sekali seumur hidup ini berjalan lancar. Karena sakralnya acara, nggak jarang sampai menghabiskan waktu 7-12 bulan untuk mulai menyiapkan lamaran hingga tiba resepsi pernikahan.

 

Baca juga: Inilah Daftar Persiapan Pernikahan yang Perlu Anda Terapkan

Ternyata untuk melancarkan acara pernikahan itu Anda nggak hanya harus menyiapkan barang dan undangan — kondisi psikis pengantin juga menjadi kunci agar acara Anda bisa selalu dikenang. Dikenang dalam arti baik lho ^_^, bukan dikenang karena Anda pingsan atau hal yang kurang baik saat resepsi.

Supaya Anda dan pasangan bisa lebih tenang di hari pernikahan, coba terapkan 11 tips berikut ini.

  1. Foto selfie pada detik-detik melepas masa lajang akan membuat Anda ingat pentingnya bersenang-senang. Rasa gelisah pun jadi bisa redam. 😀

Menikah adalah momen penting yang akan mengubah hidup Anda sepenuhnya. Tak aneh jika Anda akan merasa grogi menjelang pengucapan janji setia di depan pemuka agama. Sambil menunggu tampil di hadapan umum, tak ada salahnya Anda selfie terlebih dahulu di balik layar. Misalnya saat sedang dandan dengan rias pengatin, saat sedang menunggu calon pasangan Anda datang, atau saat sarapan pagi.

Boleh jadi Anda sudah menyewa Jasa Fotografer Profesional untuk mengabadikan semua momen, tapi tetap bergaya selfie dengan kamera sendiri akan membuat Anda merasa lebih santai, rileks, dan ingat lagi kalau senyum dan bersenang-senang itu penting. Anda juga akan punya kenangan yang terekam sempurna melalui foto selfie yang apa adanya. Dengan ini, dijamin rasa deg-degan Anda akan berkurang! ^_^

  1. Hari pernikahan adalah saatnya Anda jadi raja dan ratu sehari, maka menanggalkan handphone setelah selfie bisa membuat Anda lebih khusyuk menjalani prosesi.

Menikah adalah momen dimana Anda dan calon teman hidup Anda akan menjadi raja dan ratu sehari. Jadi kalau Anda ingin benar-benar menikmatinya, pastikan Anda tidak mengantongi handphone di saku celana. Anda nggak mau ‘kan saat hari pernikahan malah dibikin kesal oleh penawaran kartu kredit dari bank? Nggak mau juga ‘kan kekhusyukan Anda jadi buyar hanya karena ditanya tentang pekerjaan kantor yang tertunda? Nah, agar hari istimewaan bisa dilalui dengan khidmat, jagalah jarak dengan handphone saat hari pernikahan. Orang-orang juga paham kok kalau Anda gak bisa dihubungi hari ini.

  1. Pastikan Anda tidur lebih awal pada malam menjelang pernikahan, jadi bisa tampil sumringah saat jadi pusat perhatian.

Hari pernikahan adalah hari yang ditunggu-tunggu sepanjang hidup. Tapi kadang saking pentingnya acara ini, semua kebutuhan acara nikah membuat sering begadang. Boleh sih, Anda wajib untuk tidur lebih awal dan tidur dengan nyenyak. Lupakan semua hal tentang keperluan untuk acara besok pagi, karena sekarang sudah bukan waktunya lagi mengkhawatirkan soal materi. Sekarang adalah saatnya Anda menyiapkan mental dan kondisi badan yang fit.

Tidurlah dengan nyenyak, makan yang bergizi, dan jangan biarkan orang lain mengganggu waktu istirahat. Dengan begitu Anda bisa terlihat lebih segar dan sumringah dihari pernikahan esok pagi. Tidur nyenyak juga bisa membuat Anda lebihfresh dan menghasilkan mood positif jadi aura Anda juga akan terlihat lebih segar saat jadi raja dan ratu pesta seharian.

  1. Sarapan dengan makanan kaya protein dan karbohidrat bisa membuat Anda tetap kuat saat harus salaman dengan ratusan tamu undangan.

Menjadi pengantin, itu artinya Anda harus rela berdiri seharian di gelaran pesta untuk menyalami ratusan tamu undangan. Nah, agar Anda tidak mudah ambruk dan kecapaian, cobalah sarapan dengan menu yang tepat. Disarankan Anda konsumsi makanan yang kaya protein seperti daging, telur, sosis, ikan, dan susu. Jika Anda ingin makan sayuran, pilihlah menu kacang-kacangan. Jangan lupa konsumsi makanan kaya karbohidrat seperti roti, nasi, ubi, atau havermut. Menumakanan ini akan menghasilkan banyak kalori dan energi, jadi Anda tidak akan ambruk atau lemas saat harus seharian berdiri dan senyum pada semua orang.

Jangan sampai Anda pingsan hanya gara-gara kelelahan,atau berkali-kali harus ke toilet karena sering kebelet buang air kecil. Nah, pastikan Anda sarapan terlebih dulu dengan menu yang tepat ya.

  1. Pasti Anda berharap baju pernikahan Anda istimewa di hari yang istimewa. Karena itu, kenakan baju yang disuka yang sudah dipesan di tata rias pengantin kepercyaan Anda.
  2. Tampil sempurna saat pesta pernikahan memang keharusan. Tapi bukan berarti Anda harus pakai parfum berlebihan. 🙂

Hari pernikahan adalah hari yang Anda harapkan hanya sekali seumur hidup terjadi. Tentu Anda akan berusaha keras untuk tampil sempurna di hari itu. Tidak seperti biasanya, beberapa hiasan rambut agar lebih cantik, rambut klimis, sampai baju rapi tidak pernah alpa untuk diaplikasikan saat Anda jadi pengantin. Tapi lain ceritanya jika tentang parfum. Tampil sempurna bukan bukan berarti Anda harus pakai parfum secara berlebihan ya, karena wangi yang terlalu menyengat justru bisa membuat Anda mual. Apalagi saat wangi ini bercampur dengan keringat yang Anda hasilkan saat harus berdiri seharian.

Nah, jika Anda ingin tetap nyaman dan merasa percaya diri, gunakanlah parfum secukupnya. Pilih parfum dengan aroma yang segar dan tidak menyengat. Dengan begitu, teman-teman Anda juga akan lebih nyaman saat memeluk. ^_^wedding-rings-jasa-foto-wedding-ririsaci-studio-surabaya

  1. Di hari pernikahan Anda harus bahagia, bukannya dipenuhi kecemasan. Berhentilah bertanya pada panitia tentang kesiapan acara — cukup kontak ketua panitia jika Anda memang penasaran.

Tidak dapat dipungkiri, Anda bisa resah karena memikirkan kelengkapan keperluan pernikahan. Misalnya, bagaimana katering buat para tamu, bagaimana kalau kondisi bangku, bagaimana para tamu-tamu penting untuk dijamu. Hal-hal seperti ini secara gak langsung kadang menghantui pikiran Anda. 😀 Apalagi saat beberapa jam menjelang pernikahan.

Anda nggak perlu merepotkan diri sendiri dengan menghubungi setiap panitia yang bertugas, karena nggak jarang hal ini malah bikin Anda panik. Jika memang terlalu penasaran, cobalah hubungi ketua panitia pernikahan atau koordinator WO. Cukup bertanya pada mereka, supaya Anda bisa menjalani hari pernikahan dengan lega.

  1. Merasa tegang di hari pernikahan itu wajar. Namun, kehadiran sahabat di samping bisa menjadi obat yang menenangkan.

Menghadapi hari pernikahan memang nggak jarang akan membuat Anda merasa tegang. Hal ini karena tanggung jawab setelah menikah yang nggak gampang. Namun, hari istimewa itu masih bisa Anda jalani dengan tenang saat ada sahabat-sahabat dekat disamping Anda menjelang acara dimulai.

Mungkin Anda bisa bercanda atau berfoto selfie bersama, atau mungkin Anda bisa membicarakan hal lain yang bukan tema pernikahan. Biarkan sahabat melontarkan lelucon yang akan memubuat Anda tertawa. Dengan cara-cara seperti ini, nggak jarang Anda bisa lebih rileks saat mengucap janji suci di depan banyak orang.

  1. Kecelakaan kecil mungkin saja bisa terjadi, jadi siapkan wedding day survival kit agar Anda tidak perlu repot mencari pertolongan.

Meskipun semua persiapan dari awal sudah sempurna, namun gak jarang hal-hal kecil masih terjadi pada hari H. Misalnya tiba-tiba peniti jilbab Anda lepas, kaki lecet karena sepatu Anda terlalu pas,keringat membuat dandanan rusak, sampai ada rasa lapar yang tidak tertahankan. Untuk mengantisipasi itu semua, Anda bisa menyiapkan wedding day survival kit.Isinya meliputi:

  • Sapu tangan atau tissue jika tiba-tiba air mata jatuh,
  • Plester luka jika kaki terluka karena sepatu baru,
  • Peniti atau jarum jika beberapa bagian baju pengantimu ada yang lepas,
  • Lipstik untuk membuat penampilan tetap apik seharian,
  • Obat maag atau obat sakit kepala,
  • Permen mint untuk membuat nafas tetap segar dan relaks,
  • Cermin kecil untuk memastikan dandanan tidak berantakan,
  • dan kudapan seperti biscuit untuk mengganjal perut saat merasa lapar.

Nah, Anda bisa letakkan barang ini di belakang kursi pelaminan. Jadi sewaktu-waktu Anda membutuhkannya, Anda tidak perlu minta pertolongan banyak orang. Dengan begitu, Anda juga bisa menikmati setiap prosesi dengan lebih menyenangkan dan hikmat.

  1. Beberapa wanita tidak terbiasa mengenakan sepatu high heels. Jika Anda salah satunya, siapkan sepatu flat cantik jika Anda merasa kaki Anda sudah tak tahan.

Nggak sedikit pengantin wanita yang mengeluhkan kaki sakit karena memakai sepatu high heels sehari penuh.Selain karena bentuknya yang kadang menyiksa tumit, memakainya seharian penuh juga bisa membuat kaki Anda bengkak. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, nggak ada salahnya Anda siapkan sepatu flat cantik yang senada dengan gaunmu agar sewaktu-waktu saat kaki Anda sudah merasa kesakitan, Anda bisa menggantinya dengan segara tanpa perlu panik mencari sepatu pengganti.

Baca juga : Meskipun Ribet, Pernikahan Adat Jawa yang Rumit Justru Bikin Hari Terindah Dalam Hidup Anda Selalu Terkenang

  1. Kebahagiaan Anda akan lebih lengkap dengan ucapan terima kasih pada orang-orang terdekat. Tak terkecuali, orang yang menemani Anda duduk di kursi pelaminan nanti. ^_^

Menikah memang bukan acara Anda dan pasangan semata, tapi acara keluarga besar. Nah, jika Anda ingin kebahagianmu lebih lengkap, cobalah untuk mengucapkan terima kasih pada orang-orang terdekat. Sebelum Anda melenggang untuk mengucapkan janji menjadi bagian hidup orang lain, nggak ada salahnya Anda temui orang tua, kakekmu, nenek, dan keluarga besar “terima kasih telah mengantarkan hingga momen ini”.

Dan tidak lupa, katakanlah terima kasih pada seseorang yang bersedia duduk menemani Anda di pelaminan dan seterusnya. Dengan begitu, kebahagiaan menjadi lebih lengkaplah sudah. Anda tidak akan grogi lagi saat menjalani prosesi dan berhadapan dengan banyak sekali tamu undangan.

Menikah adalah momen sekali seumur hidup yang wajib Anda lalui dengan cara yang menyenangkan. Selain perlengkapan yang siap, mental yang tenang juga menjadi hal penting yang harus ada. Jadi, Anda bisa terapkan tips-tips ini agar Anda tak lagi panik dan deg-degan saat menjalani semua prosesi.

Semoga acara pernikahan Anda nanti diberikan kelancaran dan langgeng. Aamiin 


Selamat menempuh hidup baru bagi yang baru melangsungkan pernikahan. ^_^

NB: Konten ini tidak bisa menjadi patokan, semua tergantung diri Anda masing-masing. Penulis hanya mencoba memberikan tips yang bisa Anda coba agar pernikahan Anda lebih lancar.

Sumber Hipwee.com (disunting)

Jasa kami untuk Anda:

Comments are closed