Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website

Setelah Membuat Website, Apa Yang Perlu Dilakukan?

Website sudah selesai dibuat, selanjutnya apa yang harus dilakukan? Pertanyaan tersebut mungkin ada di benak kita. Banyak orang baru menyadari bahwa mengelola website lebih sulit dibandingkan dengan membuatnya. Jumlah website  yang melewati 1 tahun pertamanya pun cenderung sedikit. Memangnya apa yang perlu dilakukan selanjutnya setelah memiliki website? Berikut, 3 hal yang perlu dilakukan pada website.

1. Membuat jadual rutin pengisian konten website

Website baru jadi tersebut, perlu diisi konten secara rutin. Agar pengunjung mau mengunjungi website kita kembali, kita harus menyajikan konten yang up to date. Karena, pengunjung menginginkan konten yang selalu segar. Agar konten tersaji dengan baik perlu dibuat perencanaan. Salah satu yang terpenting dari perencanaan tersebut adalah jadual rutin pengisian konten. Hal pertama yang perlu dilakukan pada website baru jadi adalah membuat jadual rutin pengisian konten.

Bagaimana bentuknya? Tidak ada aturan baku pembuatan jadual, yang terpenting ada tanggalnya kapan kita harus mengisi konten. Kita tidak perlu mengisi konten setiap hari jika memang bukan mengelola website berita. Namun setidaknya membiasakan menambahkan 1 konten baru setiap 1 seminggu. Dan yang terpenting menjalankan jadual tersebut.

2. Mempromosikan website untuk mendatangkan pengunjung

Pengunjung website merupakan darahnya website. Membuat rencana, promosi seperti apa yang akan dilakukan. Tidak perlu dibuat ribet, cukup yang mudah dilakukan saja. Seperti mempromosikan di sosial media facebook, twitter, google + menggunakan sosial media untuk membagikan artikel Anda, sehingga teman-teman Anda bisa mengunjungi website Anda. Jika mereka menganggap artikel tersebut bermanfaat maka tidak menutup kemungkinan teman-teman yang membaca akan membagikan artikel tersebut. Atau menambahkan link pada berbagai forum seperti kaskus, promosi secara offline dengan di pasang di baliho, poster, kaos, dll.

3. Pasang iklan

Memasang iklan adalah bagian dari no 2, jika website Anda merupakan website untuk toko online, maka tentunya konten yang ada di dalamnya tidak cukup mampu dalam mendongkrak  SEO webisite Anda. Untuk itu menggunakan jasa iklan online bisa juga Anda lakukan dalam mendatangkan dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang tepat. Hanya saja, beriklan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

4. Pasang Google Analytics pada website

Google Analytics merupakan tools yang disediakan oleh Google yang berfungsi untuk mengukur kinerja sebuah website. Ada banyak hal yang bisa diukur dengan Google Analytics. Mulai dari yang sederhana seperti jumlah pengujung per hari, per minggu, per tahun, hingga yang lebih kompleks seperti konversi yang terjadi di website. Setelah melakukan promosi tentu kita ingin mengetahui berapa pengunjung yang datang karena promosi tersebut. Atau terkadang kita perlu mengetahui tulisan mana yang paling sering dibaca pengunjung. Hal-hal tersebut dapat diketahui dengan Google Analytics.

5. Mendaftarkan Website ke Mesin Pencari

Untuk mengoptimasi website di mesin pencari salah satunya dengan mendaftarkan Url artikel atau website kita ke mesin pencari. Beberapa mensin pencari yang sangat efektif yaitu Google, Yahoo dan Bing. Mengapa harus mendaftarkan blog ke tiga mesin pencari tersebut? Karena ketiga mesin tersebut merupakan mesin pencari yang sering di gunakan oleh pengunjung untuk mencari artikel atau kata kunci dari produk atau jasa tertentu.

Mau tidak mau kita harus megenalkan blog kita kepada ke tiga mesin pencari tersebut agar website kita cepat ter index di Google, Yahoo dan Bing. Walaupun mandaftarkan website kita ke  mesin pencari tersebut tidak menjamin mesin pencari langsung meng index seluruh alamat wabsite kita, namun setidaknya dengan mendaftarkan website kita secara manual akan membantu mesin pencari mengenali website yang baru saja dibuat. Sebagus bagusnya website jika tidak terindeks oleh mesin pencari sama saja dengan tidak memiliki website. 😀

Demikian, hal-hal yang perlu dilakukan setelah membuat website sekaligus setelah membuat konten/artikel di website yang baru saja dibuat.

Jasa Pembuatan Website dan Toko Online Berpengalaman? Info lengkap hubungi kami di 085748226395 (Fast Respon)

Comments are closed