Manfaat Dokumen: 7 Alasan Pentingnya Video Dokumentasi Untuk Seminar / Workshop

Video Dokumentasi: Pentingnya Dokumentasi Untuk Seminar. Menurut KKBI, pengertian Seminar merupakan pertemuan atau  persidangan  untuk membahas suatu masalah dibawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dsb). Seminar memang sebuah pertemuan yang membahas masalah tertentu dengan seorang pakar yang sudah mendalami masalah tersebut. Umumnya dalam sebuah seminar terdapat yang namanya moderator, notulen, narasumber, dan juga peserta seminar itu sendiri.

Jasa Dokumentasi Foto Video Seminar Surabaya

Sekarang yang jadi pembicaraan disini adalah apakah penting mendokumentasikan sebuah event seminar? Di dalam sebuah seminar itu sendiri terdapat poin-poin penting yang akan menjadi pengetahuan baru bagi para peserta. Nah, disana salah satu fungsinya, yaitu sebagai fasilitas ajar kembali bagi para peserta seminar ataupun workshop.

7 Alasan Pentingnya Dokumentasi Dalam Sebuah Seminar

1. Dokumentasi Sebagai Arsip

Tentu ada dalam sebuah seminar baik event organizer ataupun pihak narasumber atau mungkin semua pihak. Pasti akan membutuh yang namanya sebuah arsip. Arsip bagaikan bukti bahwa telah diadakannya seminar tersebut.

2. Dokumentasi Sebagai Media Pembelajaran

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, hasil atau proses saat narasumber memberikan bahan atau pembahasan di dalam sebuah seminar tersebut jika ada dokumentasi kedepannya dapat diputar kembali oleh para peserta seminar. Jadi jika ada Peserta yang lupa tentang suatu bahan yang sudah dibicarakan oleh narasumber. Peserta tersebut masih bisa memutar DVD dokumentasi dari seminar tersebut.

3. Dokumentasi Sebagai Pertanggungjawaban

Jika ini pasti pertanggungjawaban pihak penyelenggara kepada sponsor ataupun Klien (yang memiliki event). Sama halnya poin sebelumnya, pertanggungjawaban ini berupa bukti video atau foto di lokasi seminar tersebut.

4. Dokumentasi Sebagai Souvenir Dalam Sebuah Seminar

Ini nih, biasanya di dalam sebuah seminar menyediakan paket-paket. Ada yang hanya dapat kertas bahan seminar dan air minum, ada yang sama dapat snack, ada yang dapat plus makan siang (makan siang gratiss :D) dan masih banyak lagi. Tetapi untuk  sebuah Seminar jarang ya kita dapat Souvenir hehe. Bisa jadi alternatif yang bagus lho ini.

5. Dokumentasi Sebagai Kenang-Kenangan

Mungkin bagi sebagian peserta kenang-kenangan bahwa sudah pernah mengikuti seminar A atau pernah mengikuti Seminar dengan narasumber B adalah suatu kebanggaan tersendiri. Boleh juga dijadikan pertimbangan nih buat Video Seminar 😀.

6. Dokumentasi Sebagai Bahan Marketing Bagi Jasa Penyelenggara Acara

Bisa jadi Video dokumentasi tersebut jadi iklan bagi Event Organizer sebagai penyelenggara event. Bisa jadi ‘ini lho seminar yang sudah pernah kami buat’. Nah, kalau sudah ada buktinya pastinya calon konsumen mereka akan menjadi konsumen setia.

7. Dokumentasi Sebagai Bahan Evaluasi Bagi Penyelenggara Acara maupun Narasumber

Untuk hal ini sepertinya jarang dilakukan ya. Tetapi sebenarnya bisa dijadikan bahan evalusi karena didalam Video akan terekam jelas, jadi tahu mana yang baik mana yang harus dirubah atau ditingkatkan dan sebagainya.

Ohya, RIRISACI Studio juga menawarkan paket dokumentasi untuk semua acara termasuk Seminar / Workshop, Family Gathering, acara Ulang Tahun dan masih banyak yang lain. Nah, itulah tadi pentingnya sebuah dokumentasi pada seminar.

Terimakasih telah membaca artikel kali ini. Sampai jumpa pada artikel berikutnya…

Jasa Video Shooting All Event Surabaya, Hubungi kami di Telp/ WA 085748226395 / 08510055256

Comments are closed