Inilah 11 Manfaat Mengikuti Pameran Bagi Bisnis

Manfaat Pameran Bagi Bisnis

Pameran di pusat keramaian menjadi ajang promosi yang efektif. Pasalnya, event pameran selalu ramai dipadati pengunjung, baik yang sekedar melihat atau ingin mencari suatu produk. Apalagi di akhir pekan seperti hari Sabtu dan Minggu, biasanya pengunjung semakin ramai berjejalan.

Saat ini sering sekali di adakan event pameran di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan sebagainya dari yang berskala kecil hingga yang berkelas nasional dan internasional. Misalnya saja event pameran bisnis, franchise, pendidikan, kerajinan, otomotif, elektronik, komputer, fashion, kuliner dan sebagainya.

Bahkan sering sekali juga event-event yang di dukung oleh pemerintah, ini dapat membantu berkembangnya sektor UKM yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan produk ke masyarakat luas.

Pameran merupakan Sarana Pengenalan Produk Baru yang Efektif

Dengan mengikuti ajang pameran, dapat menjadi sarana yang sangat efektif untuk ajang pengenalan produk ke masyarakat.

Disebuah pameran jika event tersebut merupakan event yang sudah di kenal oleh masyarakat, maka bukan tidak mungkin akan banyak sekali calon konsumen yang berpotensi menggunakan produk baru kita. Sehingga akan sangat di sayangkan jika kita melewati event-event seperti ini.

Selain sarana pengenalan produk baru yang efektif, pameran juga dapat di manfaatkan untuk mengenalkan inovasi baru pada produk yang sudah lama di kenal. Seperti yang kita ketahui bahwa inovasi sangat penting di lakukan untuk produk yang telah lama beredar, agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa di ambil dari keikutsertaan pada event pameran untuk kemajuan bisnis.

Menurut Small Bussiness Admisnistration (SBA) Amerika Serikat, berikut manfaat bila mengikuti pameran untuk pemilik bisnis:

  1. Mendapatkan Calon Pembeli (Sales Leads)

Melalui pameran yang diadakan, sebagai pemilik usaha tentunya ini adalah peluang bagus untuk mengenalkan produk atau jasa kepada pengunjung yang tertarget, karena di pameran tentunya pengunjung yang datang merupakan orang-orang yang tertarik dengan tema pameran yang diadakan dan berniat untuk membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa dipameran tersebut. Meskipun pameran hanya berlangsung beberapa hari saja, namun peluang untuk melebarkan sayap bisnis sangat terbuka lebar. Seperti pertambahan jumlah pelanggan baru serta order yang akan bertambah setelah mengikuti event pameran.

  1. Menghasilkan Transaksi Selama Pameran

Selama pameran berlangsung, kita pun bisa mengoptimalkan jumlah transaksi penjualan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memberikan diskon, kupon hadiah, hingga bonus menarik lainnya. Dan tidak lupa pula, kita harus buat stand menjadi semenarik mungkin agar stand ramai kunjungan. Serta kebersihan dan kerapian juga harus selalu dijaga.

  1. Meningkatkan Image dan Visibilitas

Di ajang memperkanalkan produk atau jasa ini, produk bisa dilihat oleh ribuan pasang mata pengunjung pameran tersebut. Ini kesempatan emas untuk membranding image produk ataupun jasa. Dengan begitu, awareness di benak pengunjung akan mudah tertanam. Dan visual merupakan aspek penting untuk diperhatikan.

  1. Membidik Pengunjung Spesifik

Manfaat Pameran: Membidik Pengunjung SpesifikJika kita memiliki segmentasi pasar yang khusus, mengikuti pameran merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaring pasar. Meskipun, banyak konsumen yang datang hanya sekedar melihat-lihat. Namun, pasti ada ratusan konsumen yang datang untuk tujuan khusus yaitu membeli produk atau menggunakan jasa kita.

  1. Memperbaiki Efektifitas dan Efisiensi untuk Berbagai Upaya Marketing

Saat sedang mengikuti pameran, kita diumpamakan menebar jala di laut. Siapa yang datang ke stand kita adalah ikan yang terjaring. Ini juga sekaligus untuk survei langsung sejauh mana efeketifitas dan efisiensi strategi marketing bisnis kita selama ini. Jika sudah menemukan bagian mana yang perlu diperbaiki, kita bisa bersegera untuk inovasi dengan strategi baru.

  1. Sebagai Ajang Menambah Network

Pameran besar yang sudah tersohor bagaikan magnet yang mengundang semua pihak yang terkait dengan institusi tersebut, mulai dari pemasok, pinsipal, distributor, investor, lembaga riset, media, dan tentu saja pelanggan. Ini merupakan peluang bagus untuk memperluas kemitraan, dan tidak menutup kemungkinan bisa bekerjasama di masa mendatang. Event pameran merupakan media marketing yang amat kuat.

  1. Untuk Mengenal Potensi Pesaing

Pameran diikuti banyak pelaku bisnis atau usaha. Melalui pameran tersebut, kita bisa sekaligus menjaring informasi tentang pesaing, seperti harga produk, produk unggulan, peralatan yang digunakan. Atau sekadar mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis mereka.

Tambahan:

  1. Efek Viral Marketing

Pameran juga sering dijadikan ajang untuk membuat merek kita menjadi viral atau menyebar dengan cepat di sosial media dan dibicarakan banyak orang. Contohnya saja, kita bisa membuat background yang unik agar pengunjung kita bisa berfoto dan menguploadnya di Instagram, atau membuat promosi khusus bagi pengunjung yang mengupload foto ke Instagram akan mendapat diskon, atau banyak lagi. Harus bisa menggunakan imajinasi dan manfaatkan momentum pameran tersebut.

  1. Belajar Dari Pembeli Secara Langsung

Untuk sebagian orang, pameran merupakan salah satu cara terbaik untuk memvalidasi ide bisnis atau produk yang mereka jual. Disinilah saatnya kita bisa mengobrol langsung dengan pembeli atau pengunjung yang tertarik. Disini kita akan belajar kenapa orang tidak jadi membeli? Kenapa mereka membeli merek kompetitor? Apa pendapat pembeli mengenai produk atau jasa kita? Dimana kurangnya? Dan banyak pertanyaan lain akan terjawab saat berbicara langsung dengan pembeli dalam pameran, baik secara langsung atapun tidak.

  1. Untuk Riset Trend Pasar

Dalam pameran juga kita mendapatkan informasi trend pasar yang sedang di gemari masyarakat, dengan cara melihat minat pengunjung terhadap produk yang ada di dalam pameran tersebut. Dengan begitu kita bisa memperkirakan strategi apa yang diperlukan untuk dapat lebih mengembangkan bisnis yang kita jalankan.

  1. Mengevaluasi Kualitas Tim Kerja

Terakhir, dengan mengikuti pameran juga kita bisa mengevaluasi sejauh mana kualitas kerja dari sumber daya yang di miliki. Terutamanya untuk bidang marketing, kita bisa mengetahui bagaimana kerjasama antar tim dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa selama event berlangsung.

Baca juga: Strategi Pemasaran Perusahaan dengan Video Iklan

KESIMPULAN:

Dari manfaat mengikuti pameran di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa keuntungan mengikuti event pameran adalah pemilik bisnis terbantu untuk mengenalkan produknya, namun ada pula ruginya karena tidak semua pameran ramai dikunjungi pengunjung. Oleh karena itu kita harus jeli dalam memilih kegiatan pameran yang ditawarkan. Sebelum mengikuti sebuah pameran, ada baikny  kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Mencari informasi mengenai siapa, kapan dan dimana penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pameran yang diselenggarakan organisasi besar, memiliki sumber daya dan strategi pemasaran yang lebih baik.
  • Mengecek terlebih dahulu mengenai jumlah pengunjung pameran. Ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung pameran terakhir yang diadakan organisasi tersebut. Menghindari pameran yang jumlah pengunjunngnya cenderung sedikit. Selain itu sebagai bahan pertimbangan, kita bisa juga melihat testimoni dari para peserta pameran sebelumnya.
  • Berapa banyak stand yang ditawarkan dan berapa biaya yang ditawarkan. Sebelum kita mengambil keputusan untuk mengikuti pameran, sebaiknya meminta kepastian dari panitia mengenai jumlah stand yang diperbolehkan mengikuti pameran.
  • Menanyakan sarana pendukung pameran, lebih baik jangan mengiyakan sebuah pameran jika kita belum mengetahui tentang sarana promosi yang diberikan selama pameran berlangsung. Memperhitungkan juga antara biaya yang kita keluarkan untuk mengikuti pameran dengan sarana yang diberikan panitia. Bila dirasa tidak seimbang, lebih baik tidak mengambil pameran tersebut.

Itulah beberapa manfaat mengikuti pameran bagi bisnis, bisa Anda coba untuk memasarkan bisnis melalui diadakannya event pameran. Dengan mengikuti pameran yang sesuai dengan kebutuhan sebuah bisnis, akan sangat membantu pemasaran bisnis tersebut. Semoga sedikit informasi bisnis ini dapat bermanfaat.

Selain mengikuti event pameran untuk memasarkan bisnis, kita juga perlu untuk mendokumentasikan kegiatan kita saat pemeran berlangsung, karena untuk mengabadikan momen, rekam jejak perjalanan bisnis, seperti yang kita ketahui dengan mendokumentasikan kegiatan pameran seperti saat mempresentasikan produk atau jasa di panggung, ramainya kunjungan konsumen ke stand atau atusiasnya konsumen terhadap produk baru yang diciptakan atau jasa dengan inovasi baru yang kita tawarkan. Maka perlu adanya dokumentasi dengan foto atau video.

Dengan begitu, akan memudahkan sebagai bahan materi untuk mempresentasikan dan mempromosikan bisnis dan event apa saja yang pernah kita ikuti sebagai perjalanan bisnis, terhadap calon klien maupun relasi bisnis baru.

Didalam sebuah kegiatan atau event, dokumentasi memiliki manfaat tersendiri. Bentuk dokumentasi selalu menjadi aspek utama dalam penyampaian informasi.

Dokumentasi selalu menjadi jembatan yang sangat vital untuk menuju tersampaikannya informasi. Dokumentasi tersebut bukan hanya sebagai bahan pokok sebuah informasi dapat tersaji tetapi menjadi timeline manis untuk setiap kegiatan yang telah dilalui.

Jasa Dokumentasi Foto Video Berpengalaman, Info lengkap hubungi kami di 085748226395 (Fast Respon)

RIRISACI Studio

Comments are closed