Strategi Pemasaran Perusahaan dengan Video Iklan

Strategi Pemasaran Perusahaan dengan Video Iklan - RIRISACI StudioVideo Iklan atau Marketing, Anda pasti sudah tidak begitu asing dengan istilah ini. Anda pasti sudah sering melihatnya, mulai dari di Televisi, Videotron hingga di Youtube.

Iklan adalah kebutuhan pokok sebuah bisnis. Tanpa iklan, produk yang diciptakan tidak akan dikenal dan bahkan tidak akan bisa terjual. Membuat iklan juga ada banyak macam dan jenisnya. Bukan hanya iklan berupa tulisan yang dicetak diselembar kertas putih, seperti brosur, majalah, koran dan media cetak lainnya.

Namun perkembangan zaman membuat jenis iklan sangat beragam. Mulai dari iklan poster, baliho, iklan baris koran, internet, media sosial dan juga iklan berupa video yang sering kita lihat tiap hari di Televisi, Videotron, Youtube, ataupun yang sering bermedia sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter banyak iklan video disana.

Iklan berupa video tentu tidak mudah dan murah. Ada banyak keahlian yang dibutuhkan, ada banyak orang yang dilibatkan, mulai dari model, penulis naskah, animator, desainer dan adapun jika video dipasarkan memalui Youtube,  dan media Sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter juga membutuhkan orang yang ahli untuk memasarkan video via online tersebut.

Survei di tahun 2013 oleh Avaya Asia Pacific Customer Experience Index menunjukan, konsumen di Asia Pasifik semakin menyukai komunikasi multi-saluran dalam layanan pelanggan, dengan video muncul sebagai saluran layanan pelanggan baru. 15 % pengguna yang disurvei mengatakan mereka telah terlibat dalam interaksi layanan melalui video dan kepuasan mereka melampaui 85% setelah menggunakannya.

• Video is gaining traction in Asia Pacific with adoption for customer service averaging 15 percent and satisfaction topping 85 percent among those who have used it.

Sumber: Asia Pacific Consumers Turning to Video and Social Media for Customer Support

Untuk Membangun Pengakuan Terhadap Brand

Strategi Pemasaran Menggunakan Video Untuk Branding

Anda tentu ingin merek Anda lebih dikenal oleh konsumen dan masyarakat. Salah satu cara yang paling efektif adalah melalui tampilan video nan menarik. Visual lebih mudah diingat oleh konsumen dibandingkan hanya melalui rangkaian kata-kata yang mendeskripsikan merek Anda.

Untuk itu, para penjual memasang iklan di mana-mana, mulai dari iklan televisi, media cetak, media sosial, hingga video. Namun, banyak pelaku pemasaran yang meyakini bahwa dari semua metode tersebut yang paling efektif untuk memasarkan sebuah produk adalah melalui media video. Mengapa demikian?

Semua tahu bahwa video merupakan tampilan visual yang lebih atraktif daripada gambar. Dari video, para pelanggan menjadi tahu persis seperti apa produk tersebut. Selain itu, video juga dapat lebih menggoda mata pembeli dengan tayangan yang memikat, seperti yang dilaporkan oleh Mashable (8/10/15).

Iklan Televisi

Strategi Pemasaran: Kelebihan dan Kekurangan Beriklan di Televisi

Media yang dipilih untuk beriklan umumnya adalah media yang mampu menjangkau banyak orang karena dengan begitu iklan yang dipasang bisa menarik banyak konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Masing-masing media memiliki kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan beriklan di televisi.

Kelebihan Beriklan dengan media Televisi

1. Mampu Memberikan Dampak yang Kuat

Televisi merupakan salah satu media yang bisa menayangkan iklan secara audio visual, sehingga memungkinkan jasa pembuat iklan untuk bisa mengoptimalkan iklan yang mereka buat dengan elemen suara, gerak, drama, musik, ketegangan dan humor, yang akhirnya pesan dalam iklan dapat ditangkap dengan mudah oleh para pemirsa.

2. Biaya Bisa Lebih Efisien

Media televisi merupakan media yang mampu menjangkau banyak orang dan berkat kelebihannya ini biaya untuk beriklan bisa menjadi lebih efeisien. Banyak pemasang iklan yang setuju bahwa media yang paling efektif untuk menyampaikan iklan adalah media televisi.

3. Mampu Memberi Pengaruh yang Kuat

Biasanya pemirsa melewatkan banyak waktunya di depan televisi, baik itu sekedar mencari hiburan atau ingin mencari berita terkini dan informasi lainnya. Karena seringnya melewatkan waktunya di depan televisi inilah kemudian para pemirsa cenderung terpengaruh untuk lebih cenderung memilih produk yang diiklankan di media televisi dibandingkan produk yang belum mereka kenal.

Kelemahan Beriklan dengan media Televisi

1. Membutuhkan Biaya yang Cukup Besar

Butuh dana yang tidak sedikit untuk bisa memasang iklan di televisi. Biaya besar yang harus dikeluarkan akan semakin terasa sia-sia jika iklan yang dipasang tersebut tidak mampu menarik perhatian para konsumen.

2. Kemungkinan Tidak Mengena Pasar yang Menjadi Target Cukup Besar

Iklan yang ditayangkan memang bisa disaksikan oleh masyarakat luas, namun seringkali iklan yang ditayangkan tidak mengena pasar yang menjadi target iklan tersebut. Contohnya, produk yang Anda tawarkan merupakan sebuah telepon seluler berharga di atas lima jutaan, namun karena sebagian pemirsa berpenghasilan pas-pasan maka iklan tersebut menjadi sia-sia karena akan diacuhkan oleh para pemirsanya.

3. Jam Tayang Iklan yang Seringkali Kurang Fleksibel

Pemasang iklan seringkali harus menghadapi jam tayang iklan yang tidak fleksibel. Kebutuhan-kebutuhan mendesak para pemasang iklan ketika menghadapi event-event tertentu seringkali tidak bisa dipenuhi oleh stasiun televisi karena biasanya pihak televisi memiliki jadwal siaran yang sangat sulit untuk diubah.

Baca juga: Kelebihan Iklan Videotron

Strategi Pemasaran Menggunakan Video dimedia Online

Salah satu alat strategi pemasaran perusahaan atau dalam bisnis online paling populer adalah dengan menggunakan media video. Atau sering disebut dengan ‘video marketing‘. Disini, video dijadikan sebagai media dan alat untuk mendatangkan traffic dan pengunjung dan bahkan pelanggan.

Orang orang melihat video dan tentunya melihat apapun yang ada dalam video baik itu tulisan, gambar, cerita dan bahkan orang mendengar suara dalam video. Pasti pernah mendengar propaganda menggunakan video bukan?. Video berarti sangat luas, bisa berupa film cerita, film pendek, rekaman berita dan kejadian, video musik (video klip) dan bahkan berisi hal hal yang lain.

Berikut penjelasan singkat strategi pemasaran menggunakan media video

Dijadikannya video sebagai alat marketing sebenarnya sudah sejak waktu yang lama. Anda bisa melihat sejak pertama ada media televisi, sebenarnya saat itulah dimulainya video marketing. Kita tahu video yang kita saksikan dan audio yang kita dengar terbukti mempengaruhi perilaku, kecenderungan dan bahkan mental kita. Sebagi contoh sebuah iklan televisi tentang sebuah produk bisa membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu, tidak tertarik menjadi tertarik, tidak ingin membeli menjadi ingin membeli. Sampai saat ini iklan berupa ‘video’ di televisi masih menjadi media iklan paling banyak digunakan perusahaan besar.

Di Media Online, Tempat ditayangkan dan siapa yang menonton?

Dalam dunia maya, kita kenal situs video sharing paling populer adalah Youtube. Meskipun sebenarnya banyak situs serupa lain tetapi banyak orang menggunakan Youtube karena banyak alasan. Karena youtube sendiri adalah miliknya Google, yang diyakini banyak kalangan ini juga ditujukan untuk keperluan periklanan menggunakan video sebagai strategi marketing perusahaan di media online maupun bisnis online itu sendiri. Selain situs Youtube, banyak media sosial juga bisa digunakan atau mendukung untuk pemasaran dengan video iklan seperti Facebook, Twitter, Instagram yang sekarang banyak digunakan untuk pemasaran di media online dengan video.

Mengunggah video ke Youtube, Facebook, Twitter, Instagram hampir tidak ada persyaratan sama sekali. Cukup sign up dan segera upload video, dan saat itu juga video bisa dilihat oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Tetapi tentu saja banyak hal perlu diperhatikan tentang video yang diupload, atau strategi pemasaran video akan sia sia saja.

Dalam dunia bisnis, video iklan mampu mendongkrak penjualan dengan sangat signifikan apabila kualitas video bagus (terutama dari segi materi/konsep videonya) serta membidik pasar yang tepat.

Nah, apakah Anda sudah menggunakan video iklan sebagai Strategi Pemasaran? Jasa Pembuatan Video Iklan RIRISACI Studio. Info lengkap hubungi kami di  085748226395 (Fast Respon)

Label:

Comments are closed