5 Tingkah Laku Menarik, Konsumen E-Commerce Indonesia

Perilaku Konsumen E-Commerce IndonesiaIndonesia merupakan negara yang sangat berpontensi menjadi lahan tumbuhnya E-Commerce (Perdagangan Elektronik). Dengan populasi sebesar 253 juta penduduk, Indonesia menduduki posisi ke 4 sebagai negara yang memiliki populasi terbesar di dunia. Dalam hal jumlah pengguna Internet, Indonesia menduduki posisi ke 6 dengan jumlah pengguna internet sebanyak 83 juta. Menariknya, pasar Indonesia sekarang di dominasi oleh kalangan Youth, yaitu mereka yang umurnya dibawah 35 tahun.

Bagaimana tingkah laku mereka? Apa saja hal menarik tentang pasar E-Commerce di Indonesia? Berikut penjelasan singkatnya.

1. Angka penetrasi Mobile Subscription yang Fantastis

Penetrasi pengguna layanan mobile mencapai 112%, yaitu jumlahnya melebihi jumlah penduduk Indonesia. Bagaimana bisa? Mungkin Anda sudah mengetahui jawabannya: Masyarakat Indonesia mempunyai tingkah laku yang unik dalam menggunakan gadget. Mempunyai 2 sampai 3 gadget adalah hal yang biasa kita lihat di Indonesia. Jelas tidak heran, bila jumlah pengguna layanan mobile di Indonesia bisa melebihi jumlah penduduknya, bahkan untuk kedepannya memungkinkan penetrasi tersebut bisa mencapai 200% atau 300%.

Slide2-pengguna-internet-indonesia

2. Konsumen Indonesia mulai banyak berbelanja online menggunakan Smartphone

Dari seluruh pengguna smartphone, sebanyak 95% menggunakan smartphonenya untuk meriset produk atau jasa dan sebanyak 57% menggunakan smartphonenya untuk berbelanja. Ini merupakan informasi penting bagi kita yang memiliki bisnis online untuk mulai mengoptimasi tampilan website bagi perangkat mobile.

Slide12-pengguna-internet-indonesia

3. Smartphone dan tablet adalah perangkat yang paling sering dipakai

Masyarakat Indonesia paling banyak mengakses internet di rumah dan bahkan di rumah pun perangkat yang paling sering dipakai untuk mengakses internet adalah gadget mereka: smartphone & tablet.

Slide14-pengguna-internet-indonesia

4. Smartphone sangat melekat dengan mereka

Bahkan ada sekitar 29% yang menggunakan smartphone ketika menonton acara Televisi. Smartphone paling banyak digunakan ketika tidur-tiduran di kasur dan cukup banyak juga yang menggunakannya ketika menunggu sesuatu.

Perilaku-E-Commerce-pengguna-internet-indonesia

5. Harga bukan lagi menjadi hal utama bagi konsumen belanja online

Di era yang serba cepat ini waktu bernilai mahal, 72% online shopper lebih memilih berbelanja online karena mereka ingin menghemat waktu mereka daripada menghemat uang. Harga tidak lagi menjadi segalanya di dunia online, kemudahan dan kecepatan yang kemudian menjadi alasan mereka untuk berbelanja online.

Perilaku-E-Commerce-3-pengguna-internet-indonesia

Sumber data artikel: Presentasi Slideshare (Dec 10, 2014)

Data Statistik terbaru 2016 pengguna web dan mobile di Indonesia (INFOGRAPHIC)

Indonesia tidak diragukan lagi sebagai salah satu pasar yang paling menarik di Asia Tenggara. Dengan populasi lebih dari 250 juta (terbesar di Asia Tenggara) dan terbesar ke 4 di dunia, setelah China, India, dan Amerika Serikat. Anda pasti yang tidak mau melewatkan pasar ini?

Baca juga: 21 Manfaat, Keuntungan & Fungsi Memiliki Website Bagi Perusahaan Dan Bisnis

Sebagai ringkasan data statistik digital dunia, Indonesia saat ini (Januari 2016) memiliki 88.100.000 pengguna internet aktif, naik 15 persen selama 12 bulan terakhir.

Pasar mobile telah naik drastis selama beberapa tahun terakhir. langganan SIM di Indonesia berdiri di 326.300.000, melebihi jumlah dari penduduknya. Ini berarti setiap pengguna handphone memiliki rata-rata dua kartu SIM. 85 persen dari penduduk memiliki handphone, sementara 43 persen menggunakan smartphone.

wearesocial-2016-indonesia-215-statistik-terbaru-pengguna-internet-indonesia-1

wearesocial-2016-indonesia-215-statistik-terbaru-pengguna-internet-indonesia-2

wearesocial-2016-indonesia-215-statistik-terbaru-pengguna-internet-indonesia-3

Selanjutnya, sebagian besar Indonesia saat ini mengakses internet menggunakan perangkat mobile, 70 persen dengan handphone dibandingkan 28 persen dengan laptop dan desktop. Pangsa pasar perangkat mobile pun naik 41 persen, yang merupakan jumlah yang sama dari penurunan untuk laptop dan desktop.

wearesocial-2016-indonesia-215-statistik-terbaru-pengguna-internet-indonesia-4

(Sumber: We Are Social)

Comments are closed