Inilah 9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar – Ririsaci Studio

Bila Anda mempunyai kamera DSLR berarti Anda harus siap merawatnya. Nah, Anda harus tahu cara merawat lensa kamera agar selalu bersih dan terhindar dari debu. Tidak hanya itu, cara merawat kamera DSLR juga perlu Anda lakukan agar kamera tetap awet. Jika Anda ingin kamera DSLR Anda ingin tetap awet, maka Anda harus melakukan perawatan yang tepat dan sesuai prosedur, agar awet dan memperpanjang usia kamera. Anda harus merawat kamera DSLR secara rutin agar tehindar dari jamur dan debu. Pada artikel kali ini, sudah kami rangkum cara merawat kamera DSLR dengan benar dibawah ini. Cuss!

 

1. Selalu Bersihkan Lensa

Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan pada lensa kamera Anda, walaupun kamera itu jarang Anda gunakan. Anda bisa membersihkan lensa kamera dengan memakai cleaning kit, atau Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Tapi tidak boleh asal semprot, jangan semprotkan cairan pembersih itu pada lensa, semprotkan cairan ke lap microfiber, setelah itu usapkan lap itu ke semua bagian lensanya. Tidak hanya itu, Anda harus selalu pasang lens cap saat tidak digunakan lagi. Hal ini bisa melindungi lensa Anda dari sidik jari ataupun debu. Lens cap bisa membuat lensa Anda tetap bersih dan juga melindungi dari segala benturan. Itulah cara merawat kamera DSLR yang pertama.

 

2. Pasang Pelindung LCD

Cara merawat kamera DSLR selanjutnya adalah pasang pelindung pada LCD, sama hal nya seperti ponsel, Anda harus memasang screen guard atau pelindung layar. Hal ini dapat menjaga layar LCD kamera Anda tidak terkena sidik jari maupun tergores. Screen guard juga bisa melindungi layar LCD kamera Anda agar terhindar dari debu dan air. Screen guard harganya tidaklah terlalu mahal, namun sayangnya banyak fotografer malas atau lupa untuk memasangnya, sedangkan memasang pelindung layar adalah satu cara untuk menjaga dan merawat layar LCD supaya tetap bersih dan mulus.

Baca Juga : Inilah Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless, Pilih Mana?

3. Bersihkan Body Kamera

Cara merawat layar LCD pada kamera pun itu tidak cukup, Anda juga harus merawat body kamera. Anda harus membersihkan body kamera secara rutin. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih, kenapa minyak kayu putih? karena minyak kayu putih mempunyai kandungan air yang sangat sedikit dan tentu lebih cepat kering.

Tapi, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk merawat body kamera, saat ini sudah banyak tersedia cairan pembersih khusus. Caranya, oleskan cairan itu ke kain yang bersih, dan poleskan kain ke seluruh body kamera. Anda juga harus membersihkan bagian karet ring fokus dan ring zoom pada lensa kamera, bagian itu yang sering terlupakan saat membersihkan body kamera DSLR.

 

4. Hindari Air

Cara merawat kamera DSLR berikutnya adalah kamera DSLR sudah dilengkapi fitur waterproof atau anti air, tapi Anda harus tetap menghindari kamera dari air. Mengapa begitu? karena kamera DSLR sangat sensitif pada air. Apabila air masuk ke dalam kamera DSLR Anda, hal ini dapat merusak komponen pada kamera DSLR Anda. Tidak hanya itu, air sisa juga dapat mengendap dan bisa membuat lensa berembun. Cara agar tidak membersihkan lensa DSLR dengan air adalah gunakanlah cleaning kit, seperti sudah disebutkan diatas. Cleaning kit berfungsi melindungi kamera dari debu dan jamur. Maka hindarilah tempat yang lembab dan bawalah tas khusus kamera.

Kelembapan udara mengandung banyak uap air yang dapat masuk ke bagian internal kamera. Maka dari itu usahakan selalu membawa tas kamera agar tidak lembab. Jika sudah tidak digunakan, barulah Anda harus meletakkannya di tas kamera.

5. Pakai Tas Khusus

Pada saat Anda bekerja di luar / outdoor untuk mengambil foto, Anda harus menggunakan tas khusus untuk kamera ini. Jika kamera ditaruh di tas khusus maka akan terhindar dari segala benturan, karena didalam tas ini sudah dilengkapi bantalan empuk. Tas ini juga menyediakan tempat khusus untuk lensa, filter, dan perlengkapan lain yang pasti mendukung pekerjaan fotografer Anda. Hal ini dapat melindungi kamera DSLR Anda agar tidak lecet dan tergores. Jangan memasukkan kamera Anda ke tas biasa dan ransel, karena tidak dapat melindungi kamera Anda sebab tidak dilengkapi pelindung bantalan yang empuk.

6. Hindari Sinar Matahari

Walaupun kamera DSLR didesain ketahanan terhadap suhu yang tidak menentu. Bila ingin kamera Anda awet hindarilah meletakkan kamera di tempat terbuka dan yang terkena sinar matahari panas. Di bagian dalam kamera DSLR terdapat bagian yang dapat mencegah air dan debu supaya tidak masuk ke dalam internal kamera. Lapisan itu dapat rusak jika terkena paparan sinar matahari langsung. Tidak hanya itu, jika terus terkena sinar UV, warna lapisan cat akan pudar dan warnanya tidak mulus. Maka dari itu, jika Anda melakukan hunting foto di outdoor, bawalah tas khusus kamera agar terhindar dari panas seperti yang sudah disebutkan diatas. Hal ini juga termasuk cara merawat kamera DSLR.

 

7. Rawat Baterai

Kamera DSLR biasanya menggunakan baterai lithium-ion yang mempunyai usia juga yaitu 500 kali siklus pengisian daya. Dan bila sudah mencapai 500 kali siklus, biasanya daya baterai akan cepat habis dan Anda harus segera mengganti baterai tersebut. Jangan menyimpan baterai di suhu ekstrem 43 derajat. Dan jangan lupa untuk mengisi daya baterai jika Anda tidak menggunakannya lagi dalam jangka waktu panjang.

Jangan heran, jika kebanyakan kamera lama, baterainya akan cepat habis meskipun foto yang diambil masih sedikit. Sesegera mungkin Anda mengganti baterai yang baru. Simpan baterai baru di suhu yang normal untuk menghindari kerusakan dalam baterai. Merawat baterai juga termasuk cara merawat kamera DSLR agar tetap awet.

 

8. Gunakan Tali Shoulder Trap

Ini merupakan cara merawat kamera DSLR yang sederhana. Jika Anda memotret foto pakailah Shoulder Trap ini saat dimana pun berada. Tali ini akan menggantung kamera Anda ke bagian leher. Saat Anda sedang asiknya memotret gambar, yang pasti Anda tidak mau kamera Anda terjatuh. Maka dari itu, selalu pasangkan tali ini ke leher Anda saat lagi memotret foto. Sehingga jika terjadi kamera Anda terjatuh, kamera Anda akan baik-baik saja.

Karena banyak kejadian yang tidak terduga, Shoulder Trap dapat menjaga kamera Anda supaya tidak terlepas dari leher atau genggaman Anda. Anda bisa membeli Shoulder Trap di toko online atau toko tertentu. Harga dari tali ini pun tidak terlalu mahal alias murah. Namun, jika Anda membeli kamera baru sudah dilengkapi dengan tali Shoulder Trap.

Baca Juga : Tips Sederhana Dasar Fotografi, Cara Membuat Foto Aesthetic

9. Pasang Filter Lensa

Cara merawat kamera DSLR yang terakhir adalah, jangan lupa pasang UV Filter pada lensa. Relevan dengan namanya, UV Filter akan menjaga lensa dari sinar matahari yang mempengaruhi pencahayaan, karena mengandung ultraviolet. UV Filter juga bisa melindungi lensa dari kotoran dan debu yang menempel di lensa. Anda juga harus rutin membersihkan filter saat Anda membersihkan lensa juga. Cara membersihkan filter ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu menggosok filter dengan kain halus dan bersih.

 

Itulah beberapa cara merawat kamera DSLR supaya tetap awet. Cara merawat kamera DSLR gampang dan kadang susah. Akan tetapi, hal ini harus dilakukan bagi Anda yang memiliki kamera DSLR. Agar tidak ada kerusakan pada kamera yang lebih parah lagi. Jadi rawatlah DSLR Anda sebelum menyesal di kemudian hari. Terima kasih!

Follow Media Sosial Kami :

Instagram : @ririsaci

Facebook : ririsaci multimedia

Twitter : cv_ririsaci