Jenis-Jenis Kamera Video, Apa Saja Itu? Simak Artikel Ini!

Jenis-Jenis Kamera Video

Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya kamera alat yang biasa digunakan untuk mengambil atau memotret foto. Akan tetapi, kamera jaman sekarang sudah bisa merekam sebuah momen dalam bentuk video. Kamera video atau biasa disebut kamera panggul ini mengambil gambar yang bergerak dan berbicara, visual dan audio. Biasanya kamera video digunakan untuk kepentingan siaran televisi atau produksi video/film, dan periklanan yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi ke khalayak umum secara luas. Umumnya produksi video/film ditujukan untuk program non-siaran. Produksi video/film biasanya dipublikasikan secara online melalui Youtube atau media sosial lainnya. Harga dari kamera ini ada yang murah dan ada juga yang mahal. Apabila Anda ingin memiliki kualitas video yang baik maka belilah yang agak mahal. Alat kamera video ini biasa digunakan untuk dokumentasi sebuah acara penting besar maupun produksi film. Dan alat ini sering digunakan oleh penyedia layanan jasa shooting video Surabaya ataupun kota lainnya.

Seperti halnya videografi, perangkat utama dalam produksi siaran televisi adalah kamera video. Seorang cameramen harus memahami semua teknik dasar videografi. Tidak hanya itu, operator kamera juga harus memahami kamera agar dapat mengambil gambar dan sehingga dapat berkomunikasi secara visual dan audio, dan pesan yang disampaikan pun dapat tercapai. Merekam video juga dapat dilakukan dengan berbagai alat, seperti smartphone, dan tentunya kamera DSLR. Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakanlah kamera video. Merekam video menggunakan smartphone memanglah mudah dan gambarnya pun tidak terlalu buruk. Namun, kapasitas penyimpanan dari smartphone tidak akan cukup untuk merekam video yang berdurasi panjang.

Nah, maka dari itu pada artikel kali ini membahas tentang jenis-jenis kamera video dibawah ini.

Baca Juga : Macam-Macam Sudut Pengambilan Gambar Fotografi dan Videografi

Kamera Studio

Sesuai dengan namanya, kamera ini biasa digunakan untuk shooting didalam studio, dan kamera ini memiliku ukuran yang sangat besar dan tentu berat. Untuk menggerakkan kamera ini, biasanya menggunakan alat yang bernama tripod yang dipasang roda yang biasa disebut dolly. Tidak hanya itu, menggerakkan kamera ini juga memerlukan alat pedestal studio yang mendukung kamera digerakkan dengan mekanisme hidronik. Kamera ini biasa digunakan untuk program televisi yang dilakukan dalam studio dan membutuhkan lebih dari satu.

 

Kamera Lapangan

Kamera lapangan ini adalah jenis kamera studio dan sering digunakan shooting di lokasi luar atau lapangan tempat terbuka. Kamera ini ukurannya lebih kecil dari kamera studio. Kamera ini memakai lensa dengan rasio zoom yang lebih tinggi apabila Anda bandingkan dengan kamera studio. Kamera ini juga menggunakan tripod seperti kamera studio untuk menggerakkannya. Pada saat kamera studio digunkan dilapangan atau tempat terbuka untuk merekam berbagai kegiatan seperti olahraga, dokumentasi acara penting, dan masih banyak lagi, maka kamera ini disebut kamera lapangan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar? Simak Disini!

Kamera Camcorder

Camcorder merupakan singkatan dari camera recorder, adalah kamera video dengan videotape recorder dan juga alat perekam video lainnya yang dipasang di kamera dan membentuk satu kamera yang lengkap dan bisa dibawa kemana saja dan tidak ribet. Kamera ini umumnya digunakan untuk memburu berita yaitu wartawan untuk mendapatkan informasi terbaru, dan sebagian juga digunakan untuk siaran tv.

 

Kamera 3D Camcorder

Kamera video ini bernama 3D Camcorder, lewat kamera video 3D ini, objek bergerak atau video yang diambil akan disimpan ke dalam berkas digital. Kamera 3D Camcorder ini mampu mengambil gambar 3D video. Kamera 3D ini daat merekam suara stereo dan sudah dilengkapi fitur image stabilizer, yang mampu mengurangi guncangan.

Perusahaan bernama JVC memperkenalkan kamera 3D pertamanya pada saat ajang CES 2011. Kamera ini mamu merekam video 1080i dengan menampilkan desain yang agak besar apabila Anda bandingkan dengan kamera 2D, namun lebih kompak daripada kamera sejenis. Kamera ini diberi nama GS-TD1 3D, dan dipajang di booth JVC dan pengunjung bisa memegang dan mencobanya.

Baca Juga : Tips Sederhana Belajar Videografi Video Shooting Yang Baik

Kamera EFP

EFP adalah kependekan dari Electronic Field Production. Kamera video EFP ini mempunyai kualitas yang sangat tinggi. Bukan itu saja, kamera EFP juga hampir sama dengan kamera studio yang dilengkapi dengan bermacam – macam konfigurasi yang ada di kamera. Biasanya kamera EFP digunakan untuk memproduksi video di luar studio atau siaran langsung televisi. Bentuk dari kamera ini lebih kecil dari kamera studio, dan mempunyai tipe lensa box lens atau portable lens yang berjenis zoom lens.

 

Kamera ENG

Jenis kamera video selanjutnya adalah kamera ENG, ( Electronic News Gathering ). Kamera jenis ini adalah salah satu kamera yang khusus untuk dipakai oleh operator jurnalistik di televisi. Dengan teknologi yang semakin berkembang, saat ini kamera ENG juga sudah mulai digunakan untuk produksi film drama, dokumentasi acara, dan juga digunakan untuk merekam video suatu perusahaan atau video profil. Kamera ini juga mempunyai bentuk yang relatif kecil apabila Anda bandingkan kamera yang lain. Kamera ini didesain lebih kecil dan juga digunakan untuk peliputan berita karena penggunaannya mudah. Kamera ini menggunakan tipe lensa portable lens atau fix dengan jenis zoom lens.

Baca Juga : Anda Ingin Membuat Shooting Video? Perhatikan Ini Dulu!

Kamera HDV Camcorder

Kamera HDV Camcorder adalah jenis kamera yang berkualitas tinggi. Hasil kualitas video yang bagus itu karena di kamera video jenis ini telah menggunakan lensa dengan kualitas terbaik dan alat tambahan video recorder yang berkualitas. Dengan menggunakan lensa berkualitas tinggi, warna yang dihasilkan akan tajan dan akurat, chip menghasilkan native yang mempunyai aspek rasio 16:9, dan juga mempunyai alat perekam video yang berkualitas.

 

Kamera HDTV

Kamera video jenis ini biasa digunakan juga di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, indoor atau outdoor. Kamera HDTV dapat menghasilkan gambar yang jernih dan tajam juga dilengkapi dengan ketajaman pada warna dan video yang dihasilkan. Selain itu, kontras pada tampilan video juga cukup bagus, bisa dibilang lebih bagus kamera tv standard.

Agar menghasilkan gambar beresolusi tinggi, kamera ini HDTV tidak bergantung pada improvisasi sistem pemindaian, tapi membutuhkan CCD yang memiliki kualitas tinggi, lensa yang spesifik, viewfinder, dan monitor yang dapat mendukung gambar secara horizontal dengan rasio 16:9. Kamera HDTV bisa dihubungkan dengan alat rekam HDTV atau alat perekam yang sudah terpasang di kamera seperti halnya kamera camcorder.

Baca Juga : Tips & Trik Membuat Video Cinematic

 

Penutup

Kamera video bisa memberikan manfaat mengingat berbagai bidang kerja ilmu komunikasi secara luas. Bidang perfilman atau manajemen media adalah salah satunya. Manfaat mengetahui jenis-jenis kamera video tersebut diantaranya adalah Anda dapat mengetahui jenis-jenis dan fungsi kamera video.

Itulah artikel kali ini mengenai jenis-jenis kamera video yang sering digunakan dalam produksi video maupun siaran televisi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih!

 

 

Ikuti Kami

Instagram: klik disini

Facebook: klik disini

Twitter: klik disini