Peluang Usaha Jasa Shooting dan Fotografer

Jika Anda ingin membuka usaha jasa video shooting dan photography, membuka usaha jasa video shooting dan photography makin menggiurkan untuk di zaman modern ini. Pelaku yang menjalankan bisnis ini belum banyak, terutama untuk daerah pedesaan.  Dalam satu desa, mungkin hanya satu atau dua orang saja yang menjalankan bisnis ini.

Sebenarnya jika kita lihat dari permintaan bisnisnya, yang jelas sangat tinggi, karena sekarang ada banyak sekali acara-acara yang direkam sebagai kenang-kenangan atau dokumentasi.

Baca Juga : Jasa Shooting All Event

Bila Anda mempunyai skill mengambil gambar dan editing, Anda bisa memanfaatkan skill anda untuk menghasilkan uang, kalo bisa menghasilkan uang kenapa tidak?

Maka dari itu, mari kita bahas analisa peluang bisnis usaha jasa video shooting secara lengkap!

Bisnis Jasa Video Shooting dan Fotografer Yang Menjanjikan

Bisnis jasa shooting ini sangat menjanjikan. Anda dapat melihat dari permintaannya yang tinggi dan persaingannya yang sangat rendah.

Agar lebih paham dan jelas, dibawah ini kita bahas poin-poin penting yang membuat bisnis anda dapat berkembang secara positif dan recommended untuk Anda coba.

– Permintaannya sangat tinggi dari berbagai lapisan masyarakat, baik di kota ataupun di desa, semua serba butuh perekaman video untuk acara-acara penting.

– Meskipun saat ini sudah banyak yang punya gadget, namun jasa shooting saat ini tetap menjadi pilihan saat ini, karena lebih efisien mengetahui teknik fotografi, profesional, dan cepat.

– Persaingannya belum tinggi, terkhusus didaerah pedesaan.

– Upah jasanya yang tinggi.

– Modal yang tidak terlalu besar termasuk alat-alat yang digunakan berkali-kali.

– Tidak hanya acara-acara penting, sekarang banyak customer yang memakai jasa rekaman video/shooting untuk membuat konten ataupun live streaming YouTube.

– Masyarakat makin sadar bahwa acara penting membutuhkan jasa rekaman video. Untuk kedepannya diestimasikan juga akan makin banyak orang juga membutuhkan jasa shooting/rekaman video.

– Kebanyakan acara dilakukan saat hari libur atau event tertentu, sehingga cocok untuk kerja sampingan.

– Anda dapat menjalankan usahanya dengan bisnis lain. Misalnya usaha jasa video editing, pembuatan website, jasa animasi 3d, servis laptop atau yang lainnya.

Baca Juga: Multimedia Materi Dasar

Cara Memulai Bisnis Jasa Video Shooting

Siapkan skill Anda

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah skill untuk merekam dan mengedit video, bukan alat kamera atau alat lainnya.

Saat menjalankan bisnis Anda, Anda menggaji karyawan, setidaknya Anda mengerti dasar-dasar melakukan pengambilan gambar sehingga saat ditanya klien, Anda dapat menjawab dengan baik.

Anda juga bisa mendapatkan Ilmu dari berbagai tempat, seperti buku, kampus, dan di internet.

Jika Anda belum mempunyai kamera video, cobalah gunakan kamera HP untuk berlatih sampai mahir. Belajarlah mengambil gambar dan editing video.

Bila skill Anda sudah mantap, Anda sudah siap membuka usaha dengan modal selanjutnya.

Persiapan Uang Untuk Membeli Peralatan

Modal yang harus Anda siapkan selanjutnya adalah uang untuk membeli peralatan yang cukup, seperti kamera, tripod, baterai cadangan, lightning, greenscreen, dan masih banyak lagi.

Semua peralatan ini sangat penting untuk hasil rekaman video yang memuaskan.

Karena itu, persiapkan uangnya dan belilah peralatan sesuai kemampuan Anda. Kalau belum ada dananya, pinjamlah uang di angel investor.

Buatlah Tim Yang Solid

Bila anda mempunyai tim yang solid, hasil video akan lebih bagus dan memuaskan. Maka dari itu bentuklah tim

Survey Lokasi Sebelum Pengambilan Gambar

Jika Anda mendapatkan pesanan jasa shooting di suatu lokasi, lakukanlah survei lokasi, karena hal ini dapat membantu Anda mencari angle yang pas dan mempersiapkan solusi saat ada kendala yang mungkin terjadi pada saat acara dimulai.

Memiliki Skill Marketing dan Negosiasi

Anda harus memiliki skill Marketing yang baik, jika sejago apapun Anda dalam merekam gambar, tak ada gunanya jika Anda tidak memiliki skill Marketing..

Maka dari itu, Anda harus mempunyai skill Marketing supaya dapat memasarkan jasa Anda.

Skill negoisasi juga penting untuk Anda miliki, agar dapat berbicara dengan konsumen dengan baik agar mereka senang dan puas menggunakan jasa Anda.

Baca Juga: Jasa Service Laptop CPU

Resiko dan Kelemahan Bisnis Jasa Shooting

Jika kalian belum siap, dibawah ini adalah beberapa hal yang menjadi tantangan bisnis jasa shooting:

1. Bisa menjadi bisnis sampingan jika tidak bisa menjalankannya dengan baik. Semisal, hanya rame saat musim hajatan atau musim pernikahan.

2. Membutuhkan skill khusus untuk menjalankan usaha ini. Walaupun memang skill ini dapat dipelajari dan ilmunya pun sudah banyak di YouTube dan internet.

3. Bersifat menggantung pada acara yang diadakan oleh orang. Bila tidak ada acara, kemungkinan pendapatnnya atau nol.

Selain itu, Anda harus siap menghadapi segala kendala yang mungkin terjadi dilapangan, seperti contoh kejadian tak terduga yang merusak alat, hilangnya file tanpa sengaja, komplen dari konsumen dan lain-lain.

Kita sebagai pebisnis, harus bisa menjadi problem solver yang profesional karena di situlah letak kemampuannya dalam mengelola bisnis dapat terlihat jelas.

Inti dari semua itu adalah, jalankanlah bisnis dengan pantang menyerah. telaten, dan sabar.