7 Tips Memilih Jasa Video Profil di Surabaya Biar Anda Gak Asal Pilih

Buat Anda yang sering dengar istilah “video profil” tapi belum paham definisinya, video profil merupakan media visual yang digunakan untuk menyebarluaskan informasi ke masyarakat. Istilah lainnya adalah company profile yang menjadi solusi kreatif untuk bermacam kebutuhan, khususnya dalam kampanye atau promosi lewat video.

 

Sebuah perusahaan umumnya memang harus mempunyai video profil karena seperti yang disebutkan di atas, video profil digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi. Fungsi lainnya dari media ini adalah sebagai alat marketing untuk membuat orang lain tertarik kepada perusahaan. Selain itu, company profil juga bisa dijadikan portofolio sebagai bahan materi branding untuk menggaet para calon klien.

 

Lalu apa saja yang ditawarkan penyedia jasa video profil?

 

Penyedia jasa video profil sudah pasti akan mengerjakan video yang sesuai dengan permintaan klien. Misalnya pada company profil, di dalam video akan memuat informasi-informasi dari sebuah perusahaan atau produk-produk yang siap disebarluaskan melalui video. Namun jasa mereka tidak hanya sampai di situ, biasanya mereka juga menerima pembuatan animasi, motion graphic, dan juga rekam video acara-acara non-formal seperti wedding, gathering, reunian, dll. Bahkan tidak jarang penyedia jasa video profil menawarkan jasa fotografi untuk pribadi maupun promosi.

 

Nah, buat Anda yang tinggal di Surabaya dan sudah paham mengenai definisi dan hal lain dari jasa video profil, jangan terburu-buru memilih penyedia jasanya ya! Karena ada beberapa tips memilih jasa video profil Surabaya yang wajib Anda perhatikan untuk hasil video yang maksimal.

 

 

Jasa Video Profil di Surabaya
Video Profil di Surabaya

1. Paham Visi dan Misi Perusahaan

Memilih jasa company profil yang paham dengan 3 steps; Pra produksi, Produksi, dan Pasca produksi itu mudah, tapi pilihlah yang benar-benar paham dengan visi dan misi perusahaan mu supaya informasi yang akan disebarluaskan tersampaikan dengan baik.

 

Visi dan misi perusahaan akan dikembangkan ke dalam bentuk visual sehingga melewati tahap brainstorming dan storyboard untuk menyamakan persepsi antara Anda dan penyedia jasa. Setelah itu, masuk ke tahap produksi yaitu proses syuting. Di sini Anda lah yang akan menentukan di mana lokasi yang sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat. Setelahnya masuk ke tahap pasca produksi atau bagian editing.

2. Memiliki Tim Yang Profesional

Tips memilih jasa video profil Surabaya selanjutnya adalah pilihlah penyedia jasa yang memiliki tim berpengalaman di bidangnya. Hal ini akan memudahkan jalannya proses syuting sampai editing yang sesuai dengan permintaan Anda.

 

Tim yang profesional sudah pasti memiliki alat canggih seperti kamera untuk menghasilkan video profil dengan kualitas terbaik. Sudah pastinya juga peralatan yang digunakan pun terbilang modern untuk menunjang kebutuhan di lapangan pada saat proses perekaman video.

 

Kalau Anda bingung memilih penyedia jasa yang memiliki tim profesional, Anda bisa mulai dari mencari ulasan pelayanannya di internet. Pilihlah yang memiliki rating terbaik untuk company profil perusahaan mu.

3. Sesuaikan Budget

Ini yang tak kalah penting dalam memilih jasa video profil Surabaya. Terkadang ada saja penyedia jasa yang membuka harga terlalu mahal atau bahkan murah. Namun biasanya mereka membuka harga paket mulai dari 7 juta untuk sebuah company profil. Anda bisa menanyakan langsung rincian budget kepada penyedia jasa supaya bisa mendapatkan kualitas terbaik.

 

Biasanya penyedia jasa akan mengimbangkan harga dengan peralatan yang mereka punya. Besar kemungkinan mereka membuka harga yang lebih tinggi jika menggunakan kamera dan software editing yang berkualitas. Ide dan kreatifitas penyedia jasa juga menjadi salah satu pertimbangan budget, semakin mereka bisa memberikan ide-ide yang menarik, biasanya mereka juga mematok harga lebih tinggi.

4. Portofolio

Ketika Anda sudah diskusi mengenai budget dengan penyedia jasa, jangan gegabah langsung memilih karena harga yang sesuai. Cek dulu portofolio yang sudah dihasilkan oleh penyedia jasa untuk meyakinkan kualitas company profil mu nantinya sesuai dengan keinginan.

 

Portofolio sangat penting untuk menunjukan seberapa mahirnya penyedia jasa di bidangnya. Hal ini juga menambah kepercayaan Anda pada hasil akhirnya nanti. Jika Anda sebelumnya tidak memiliki ide untuk company profil, portofolio dari penyedia jasa bisa menjadi referensi.

 

Penyedia jasa biasanya mengunggah semua hasil kerjanya untuk meyakinkan calon klien. Jika Anda merasa cocok dengan portofolionya, Anda tidak perlu khawatir lagi memilih jasa tersebut. Namun jika nanti hasil video profilnya tidak sesuai dengan apa yang sudah disepakati, Anda bisa mengajukan komplain atau meminta revisi.

5. Cek Websitenya

Anda juga perlu mengecek website penyedia jasa yang ingin Anda gunakan. Website ini sangat membantu menggali informasi lebih dalam mengenai penyedia jasa. Anda bisa tahu dari kapan mereka memulai bisnis jasanya, apa saja yang mereka kerjakan, siapa saja klien yang pernah bekerja sama, berbagai macam portofolio, dan kontak detail untuk menghubungi mereka. Tidak jarang juga mereka mencantumkan alamat kantor penyedia jasa yang bisa didatangi.

 

Selain itu, penyedia jasa video profil Surabaya pastinya mendesain semenarik mungkin websitenya. Hal itu supaya menambah kepercayaan calon klien untuk memakai jasanya karena bisa dinilai seberapa kredibel mereka di bidangnya.

6. Menawarkan Lebih dari Satu Jasa

Kalau Anda mau lebih yakin, pilih penyedia jasa yang tidak hanya menawarkan 1 bidang jasa. Kenapa? Karena semakin banyak mereka menawarkan jasa, semakin berpengalaman pula pelayanannya.

 

Misalnya seperti yang dilakukan Ririsaci studio, dengan memiliki tim profesional yang berpengalaman, mereka bisa menyelesaikan permintaan video profil dari para kliennya. Diantara kliennya adalah PT Dumas Tanjung Perak Shipyards, PT PELINDO III, PT Wijaya Karya (Wika) dan masih banyak lagi lainnya.

 

Selain itu, Ririsaci juga menawarkan jasa fotografi dan pembuatan desain website untuk kepentingan pribadi dan komersial. Bahkan mereka sanggup mengerjakan aerial video atau video udara yang bisa disesuaikan dengan permintaan klien.

7. Memiliki Komunikasi Yang Baik

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih jasa video profil Surabaya adalah pilih penyedia jasa yang bisa berkomunikasi baik dengan Anda. Menjaga komunikasi sangat penting antara penyedia jasa dan klien. Selain untuk memahami permintaan, komunikasi yang baik juga menciptakan kerjasama dua arah yang baik.

 

Anda juga perlu menilai bagaimana cara penyedia jasa berbicara karena itu menunjukan kualitas pelayanan, apakah baik atau justru sebaliknya. Jika di awal pembicaraan Anda sudah merasa nyambung, teruskan dan mulailah berdiskusi untuk masalah penawaran.

 

Nah, itu semua hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan jasa video profil Surabaya yang sesuai dengan keinginan pribadi Anda atau perusahaan. Tentunya hal yang paling utama Anda pertimbangkan adalah masalah harga dan kualitas.

 

Anda juga bisa membuat perbandingan harga dari setiap penyedia jasa yang Anda temukan, lalu jangan lupa untuk mengecek tiap hasil pekerjaannya supaya mendapatkan hasil video profil terbaik.