10 Alat Usaha Jasa Shooting Profesional Agar Lebih Berkualitas

Jasa shooting profesional, surabaya berpengalaman 085748226395
Jasa shooting profesional, di Surabaya, RIRISACI Studio.

Tidak ada bosannya mendengar kata jasa shooting profesional yang sering kali kita dengar saat ingin membutuhkan jasa video tersebut. Pekerjaan yang saat ini sedang diminati oleh para pemuda khususnya anak multimedia. Biasanya orang-orang membutuhkan jasa ini saat lagi butuh saja. Karena memang mereka dibutuhkan saat ada acara formal saja seperti seminar, gathering, seremonial dan sebagainya.

Namun, ada juga seseorang menggunakan jasa ini untuk mengabadikan momen bahagia seperti ultah, pernikahan, temu kangen, dsb. Pihak penyedia jasa video menyediakan banyak paket atau layanan. Setiap paket kita bisa pilih dan kita akan mendapatkan apa saja dari paket tersebut. Misal, paket 2jt dapat 1 kameramen, 1 fotografer, 8 jam kerja, beserta editing videonya. Harga tersebut sudah termasuk biaya sewa alat shootingnya.

Tapi, bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha jasa shooting profesional ini agar lebih berkualitas lagi, tentu membutuhkan SDM yang mumpuni dan memiliki alat yang lebih canggih dan lengkap. Seperti halnya studio produksi film, maka dibutuhkan kru yang berpengalaman dan alat yang memadai. Nah, pada artikel kali ini mimin akan bahas 11 alat shooting yang membuat usaha videografi Anda lebih berkualitas.

Baca Juga: 6 Cara Agar Jasa Shooting Profesional Sukses!

Daftar Peralatan Jasa Shooting Profesional Yang Memadai

1. Kamera DSLR

Kamera tentu menjadi alat shooting pertama yang harus Anda miliki dalam proses pembuatan video, entah itu film, video profil perusahaan, ataupun dokumentasi event. Di zaman yang semakin maju ini, rata-rata kamera saat ini bisa menghasilkan kualitas video hingga beresolusi HD hingga UHD 4K. Anda bisa membeli kamera DSLR untuk mengurangi dana pengeluaran untuk usaha video shooting ini. Saat Anda menggunakan kamera DSLR pastikan kamera tersebut mempunyai fitur Image Stabilization.

Dengan adanya kamera berkualitas seperti DSLR, maka hasil pengambilan gambar akan bagus dan berkualitas. Yang pasti harga dari kamera ini tidaklah murah. Harga dari DSLR sendiri sekitar puluhan juta, Anda bisa membelinya yang paling murah. Hal terpenting adalah kamera tersebut bisa menghasilkan video beresolusi 4k supaya video terlihat lebih jernih dan detail. Alat jasa shooting profesional ini cukup memakan biaya.

2. Kamera Studio

Mungkin sebagian orang asing dengan jenis kamera ini. Padahal saat ada siaran tv kamera inilah yang digunakan untuk shooting atau siaran langsung. Kamera ini bisa jadi pengganti kamera DSLR, karena harganya yang lebih murah. Untuk kualitas dari video ini sendiri cukup tinggi dengan resolusi rata-rata 1080p HD.

Kamera ini juga sering digunakan untuk produksi film. Kamera ini mempunyai ciri umum yaitu ukurannya yang besar dan berat. Dengan body yang berat dan besar, hal ini dimaksudkan agar saat pengambilan gambar dapat terlihat tenang dan halus. Kamera ini juga mempunyai fitur zoom servo, view finder, pedestal dan intercom yang mendukung Power Director untuk direct kameramen.

Baca Juga: Pastikan Kenal dengan 5 Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik

3. Lensa

Kebanyakan orang memilih kamera DSLR karena kamera ini mempunyai kebebasan untuk memilih lensa. Jika dibandingkan dengan kamera studio/video yang mempunyai harga diatas 50jt hanya memiliki satu lensa fix yang digunakan pada saat situasi apapun. Dengan adanya kamera DSLR tentu akan dapat leluasa mengganti lensa pada berbagai situasi apapun.

Alangkah baiknya sebelum Anda membeli lensa, pilih keluaran pabrik yang sama dengan merek kamera Anda. Seperti contoh, Anda menggunakan kamera Nikon, Anda bisa memilih lensa merek Nikkor. Ada banyak jenis lensa yang bisa Anda pilih seperti 85 milimeter f/1.8, 50 milimeter f/1.4, dan juga 28 milimeter f/1.8. Belilah sesuai kebutuhan jasa shooting profesional Anda.

4. Filter

Alat selanjutnya adalah filter, saat Anda mengambil gambar maka akan terlihat keterbatasan kecepatan rana atau shutter speed yaitu menambah frame rate. Sebagai percontohan saja, ketika Anda ingin merekam video 24p dan Anda atur rananya 1/48 detik (padahal kecepatan rana DSLR 1/50 detik) maka exposure tidak dapat dikontrol.

Dengan adanya filter, maka akan mendapatkan depth of field merekam dibawah terik matahari. Maka dengan inilah diciptakan alat bernama filter ND (Neutral Density) supaya dapat gambar yang terang dan jernih tanpa mengganggu warna. Apabila Anda merekam menggunakan DSLR Anda bisa membeli yang ukuran 77 milimeter. Supaya bisa masuk ke lensa yang memiliki ukuran kecil.

Baca Juga: Rekomendasi Jasa Shooting Profesional Terbaik yang Bisa Anda Dapatkan di Surabaya

5. Audio

Audio adalah alat penting yang perlu dimiliki saat membuat sebuah video maupun film. Anda juga memerlukan alat perekam suara eksternal untuk mendukung suara audio jernih. Audio merupakan alat vital, karena Anda bisa mengambil suara yang lebih jelas jika dibandingkan menggunakan microphone pada kamera Anda. Rekomendasi alat Audio yang perlu Anda beli adalah merk Zoom H4N. Alat ini perlu dimiliki usaha jasa shooting profesional agar menghasilkan video yang berkualitas juga.

6. Tripod 

Kebanyakan para videografer lupa membawa alat piranti tripod saat melakukan shooting. Tanpa menggunakan tripod, hasilnya pun gambar akan bergoyang. Nah, Anda tertlu memerlukan alat ini saat membuat video pendek atau dokumentasi. Usahakan tripod tersebut mempunyai video head juga. Hal ini bertujuan Anda bisa merekam gambar dengan stabil dan lebih cepat. Anda harus memilih tripod untuk video saja jangan untuk yang fotografi.

Baca Juga: Pentingnya Video Promosi oleh Jasa Shooting Profesional dalam Dunia Bisnis

7. Rig

Shoulder rig adalah alat jasa shooting profesional paling ringkas yang biasa digunakan untuk menstabilkan kamera DSLR. Diciptakan dengan bahan yang berkualitas dan tahan lama untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Ditambahkan juga skrup pada hand grip yang bisa digunakan untuk aksesoris layar LCD atau LED Light.

Kamera DSLR pada dasarnya dirancang untuk fotografi saja sehingga kebutuhannya hanya dirancang untuk memotret saja. Tapi dengan adanya alat bernama rig ini, maka DSLR juga bisa menjadi kamera video. Rig sendiri memiliki harga yang cukup mahal daripada bodi kamera itu sendiri.

8. Gimbal

Disaat Anda dihadapkan dengan merekam sesuatu yang bergerak dan ingin supaya hasil video tidak goyang maka Gimbal solusinya. Sudah banyak gimbal yang dijual di pasaran. Untuk merk gimbal sendiri yang paling banyak digunakan adalah Zhiyun atau DJI Ronin Anda bisa membelinya lewat online berbagai marketplace. Anda juga bisa membeli gimbalnya langsung pada merk tersebut.

Baca Juga: 5 Skill Wajib Bagi Bisnis Jasa Shooting Profesional

9. Lightning

Lightning menjadi alat yang penting dalam jasa shooting profesional, lightning dapat membantu meratakan cahaya yang tidak rata. Biasanya lightning ini ada yang kecil dan besar. Kalo bisa keduanya harus Anda miliki, untuk mendukung pengambilan gambar dimalam hari ataupun tempat yang kurang cahaya.

Pencahayaan juga perlu diperhatikan dalam pengambilan gambar yang tajam. Umumnya lightning yang biasa dipakai shooting adalah HMI kependekan dari Hydragyrum Medium-arc Iodide. Kekurangan dari alat ini adalah hargnaya yang mahal dan cukup ribet. dan bisa diganti dengan lampu LED. Saat shooting film atau dokumentasi perlu disiapkan lampu LED dengan ukurang yang sama.

10. Komputer/Laptop Editing

Tentu saja komputer/laptop editing adalah alat yang paling penting. Dengan adanya perangkat editing maka akan mendukung kualitas dari jasa shooting profesional itu sendiri. Setelah Anda melakukan shooting maka dilanjutkan dengan proses editing video, untuk menunjang hasil kualitas video agar terlihat lebih menarik.

Untuk komputer editing pastikan mempunyai spek yang cukup tinggi, minimal memiliki procesor Core i5 dengan dibekali RAM 8gb dan mempunyai VGA berkualitas untuk mendukung proses render video yang cukup lama. Anda juga bisa membuka jasa editing video juga untuk tambahan komisi.

Baca Juga: 6 Daftar & 6 Tugas Kru Dalam Produksi Film [Lengkap!]

Nah, itulah beberaoa daftar alat yang bisa membuat usaha jasa shooting profesonal Anda lebih berkualitas. Dengan alat yang memadai dan SDM yang tinggi maka tak heran banyak orang memesan jasa Anda untuk berbagai keperluan seperti dokumentasi, company profile, film pendek/panjang, video klip, dll. Namun, semua alat tersebut tidaklah murah, tapi alat tersebut bisa digunakan berkali-kali.

Harga dari jasa video shooting sendiri tidaklah murah juga, harganya yang jutaan dan mendapatkan banyak job berkali-kali tentu dengan waktu satu tahun bsia balik modal lagi. Keuntungan dari usaha ini sekitar jutaan, tapi tentu Anda harus kreatif dan inovatif untuk menjalankan usaha ini.

Sekian artikel kali ini tentang alat jasa shooting profesional yang bisa kami paparkan pada artikel ini. Jika ada kata yang kurang berkenan kami mohon maaf. Terima Kasih!

Sosial Media Kami:

Facebook : facebook.com/ririsaci
Twitter : twitter.com/RirisaciStudio
Instagram : instagram.com/ririsaci
Google Sites : sites.google.com/site/videosurabaya
Sitemap : Klik disini