Kamu Ingin Membuat Video Shooting? Perhatikan Ini Dulu

Video memang terbukti akan jauh lebih menarik perhatian apabila harus dibandingkan dengan audio, visual, apalagi dengan tulisan. Bahkan dalam sebuah penelitian tahun 2016, dimyatakan bahwa ada 73% aktivitas online yang berhubungan dengan video. Ini artinya, seseorang bisa dipastikan akan bisa menonton video saat sedang mengakses internet.

Video memang mempunyai berbagai keunggulan. Apabila dibandingkan dengan tulisan, maka pastilah video jauh lebih dinamis. Bahkan jika dibandingkan dengan gambar, video pun nyatanya lebih mudah ditebak. Jadi memang tidak mengherankan jika kini ada banyak orang yang akhirnya berlomba untuk melakukan video production sendiri. Apakah Anda juga menjadi salah satunya?

Beberapa Tahapan Membuat Video Shooting Simpel Buat Kamu

  1. Ambil gambar per adegan saja

Pada saat Anda menjalani video syuting maka usahakan untuk mempunyai lebih dari satu kamera. Hal ini bertujuan bagi kamu yang ingin mengambil dari arah yang berbeda khususnya jika kamu mengambil gambar di acara interview.

Pada saat Anda mengambil gambar di ruangan terbuka bahkan di keramaian sekalipun, kamu harus harus tetap perhatikan untuk menjaga kestabilan gambar kamu. Jangan lupa kalau Anda berkewajiban menyampaikan pesan kepada penonton sehingga cobalah mengambil gambar dari sudut yang fokus dan tidak membuat jenuh penonton nantinya.

  1. Jangan menggunakan zoom

Tahukah Anda dengan menggunakan terlalu banyak teknik zoom maka ini adalah masalah yang seringkali terjadi bagi pemula. Akibatnya dari penggunaan terlalu banyak zoom dalam pengambilan gambar yaitu video pastilah akan terlihat amatir dan bahkan bisa membuat penonton menjadi jenuh.

Apabila memang sangat terpaksa ingin melakukan zoom, maka lakukanlah dengan cara perlahan dan tetap stabil. Teknik zoom ini juga tidak disarankan berlebih karena baik digital ataupun optical zoom karena dinilai akan merusak kualitas video yang sudah di rekam.

  1. Isilah frame dengan subjek gambar

Ambillah gambar dengan baik, dan jangan takut jika ingin menempatkan subyek di tengah gambar. Misalnya saja, jika Anda mengambil gambar sekumpulan anak berenang maka pastilah akan lebih menarik jika Anda mengambil gambar dengan subyek dan tidak hanya di kolam renang. Dari sini misalnya, Anda bisa mengambil gambar anak-anak sedang berbicara, tertawa, menyelam dan masih banyak lagi.

  1. Ambillah gambar yang detail

Anda mungkin mungkin saja ingin mengambil latar belakang dengan wide shot dengan tujuan untuk memberikan petunjuk lokasi, akan tetapi kamu juga harus lebih spesifik. Disini berfokuslah kepada hal-hal yang detail, seperti lentera di jalanan atau mungkin perahu di di laut. Dengan cara seperti ini, maka Anda bisa menyampaikan pesan tepat kepada penonton dengan penekanan yang sesuai terhadap suatu subyek.

  1. Gunakanlah angle yang berbeda

Untuk bagian ini Anda bisa menggunakan footage dengan cara mengambil gambar dari beberapa kamera setelah itu masukkan hal yang tidak biasa ke dalam hasil final. Dengan seperti ini, maka hasil rekaman Anda nantinya akan menjadi menarik dan tidak didapat di rekaman video manapun. Bahkan supaya lebih menarik lagi, Anda juga bisa mengambil video dari jarak dekat dengan jarak pandang ke atas ke bawah jika itu memungkinkan.

  1. Jangan pernah menggunakan banyak special effects

Memang mungkin akan terlihat keren apabila Anda menemukan video dengan efek sephia akan tetapi percayalah jika special effects hanya akan bisa membuat video yang dihasilkan tidak sesuai dengan kenyataan. Dalam hal ini cobalah untuk merekam video dengan tidak menggunakan dengan effek berlebih supaya nanti para penonton bisa merasakan empati dari video tersebut.

 

Simak Tips Membuat Video Shooting untuk Pemula.

  1. Rencanakanlah konsep video dengan matang

Sebelum nanti Anda akan mulai membuat video shooting, maka Anda perlu memikirkan tentang konsepnya seperti apa. Hal ini tentulah penting supaya nanti pesan utama yang ingin sampaikan bisa sampai kepada penonton.

Tentukanlah apa yang menjadi target utama dari video tersebut, apakah Anda ingin penonton ikut menyampaikan pesan di dalam video? Atau mungkin ingin video tersebut hanya sebuah media untuk keperluan yang berbeda?

  1. Menentukan background video

Background video ini pastilah akan sangat mempengaruhi keseluruhan video Anda. Video yang mempunyai background menarik tentunya akan lebih mudah mendapatkan perhatian penonton. Itulah mengapa, Anda perlu berhati-hati ketika ingin menentukan background video.

Lalu pilihan yang bisa dipilih yaitu antara background nyata maupu itu background buatan. Background nyata ini biasanya akan menunjukkan keadaan lingkungan yang sebenarnya. Sebagai contoh jika Anda ingin membuat laporan mengenai pasar tradisional, maka background yang digunakan ini adalah sebuah pasar tradisional.

Jenis background seperti ini nyatanya memang menarik, akan tetapi bisa menjadi tantangan apabila Anda tidak mempunyai perangkat yang cukup. Bukan hanya background nyata, namun Anda juga bisa menggunakan background buatan.

Background ini pun nyatanya bisa berupa green screen yang nantinya akan diubah menjadi warna atau visual tertentu.  Background seperti ini pastilah akan cocok digunakan jika Anda ingin menunjukkan animasi di tengah video. Akan tetapi, hal tersebut mungkin akan sedikit merepotkan bagi Anda seorang pemula.

  1. Ada baiknya merekam dalam durasi pendek

Tahukah Nada bahwa ada baiknya merekam dalam durasi pendek saja. Mengapa cara ini penting? Sebab membuat video dengan berdurasi pendek pastilah akan memudahkan Anda dalam proses penyuntingan nanti. Tentunya dengan video pendek, Anda tidak perlu pusing lagi untuk memotong adegan tertentu yang dirasa kurang tepat.

Bukan hanya itu saja, namun durasi yang pendek pun nyatanya akan memudahkan Anda saat ingin melakukan pengambilan gambar ulang nanti. Bisakah Anda bayangkan jika Anda harus mengambil ulang video berdurasi 30 menit. Tentunya bukan hanya menghabiskan waktu saja, namun objek yang ada dalam video pun pasti akan kesulitan saat akan melakukan penyesuaian ulang.

  1. Perhatikan pencahayaan

Tahukah Anda bahwa pencahayaan bisa dikatakan sebuah elemen yang penting dalam sebuah video. Tentunya dengan pencahayaan yang tepat,maka nantinya penonton bisa lebih mudah saat menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan. Sebagai contoh untuk video yang menampilkan kesedihan dapat diambil dengan pencahayaan yang sedikit redup.

Ingatlah apabila Anda ingin melakukan video shooting di dalam ruangan misalnya, maka pilihlah ruangan dengan jendela yang jauh lebih besar. Ruangan seperti ini tentulah akan menghasilkan pencahayaan yang bagus dan menarik. Atau mungkin Anda juga bisa memanfaatkan lampu gantung pada ruangan yang agak gelap untuk kesan yang lebih dramatis.

Untuk bisa memperoleh video berkualitas memang sebenarnya tidak mudah. Meskipun demikian, bukan berarti Anda para pemula tidak bisa menghasilkan video berkualitas yang sangat baik. Perlu untuk Anda mengasah terus kemampuan dengan apa yang sudah disebutkan tadi. Dengan begitu amka Anda bisa mewujudkan keinginan Anda memperoleh video syuting yang sempurna.