Strategi Promosi: Tips Promosi Online dengan Anggaran Rendah

Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran. Promosi memilki 5 fungsi yang sangat penting bagi suatu usaha yaitu Memberikan Informasi, Mengajak, Mengingatkan, Menambah nilai, Mendampingi strategi-strategi lain dari sebuah bisnis / usaha.

Sebagai seorang pemilik usaha, merupakan hal yang penting untuk mengenalkan Produk atau Jasa Anda kepada banyak orang. Semakin banyaknya orang yang Anda jangkau, semakin banyak pula angka penjulan yang bisa Anda raih. Sederhana kan? Anda bisa menjadi pemilik brand fashion terkenal, atau seorang pemilik usaha kuliner terkenal di mancanegara, namun jika Anda gagal memasarkan produk/jasa Anda, dan konsumen tidak mengenal Anda, bagaimana cara Anda menjual produk/jasa Anda?

Oleh sebab itu, promosi merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan untuk seorang pemilik usaha. Meskipun begitu, hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan dalam promosi Anda pertama-tama adalah strategi promosi yang baik. Jangan sia-siakan seluruh dana Anda untuk satu chanel saja, tapi lihatlah segala kesempatan yang bisa Anda manfaatkan untuk mencapai penjualan yang lebih luas dan lebih jauh lagi.

Hal penting lainnya yang harus Anda ingat bahwa promosi merupakan hal yang terus berubah, maka Anda pun harus bisa terus berinovasi. Berinovasilah sehinga produk yang Anda jual bisa berbeda dari produk-produk yang ada di pasaran.

Salah satu cara promosi yang efektif adalah melalui media online.

Promosi melalui media online sudah menjadi kewajiban bagi pemilik bisnis atau usaha apapun yang ingin bertahan di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Salah satu keunggulan promosi online adalah bisa dilakukan dengan anggaran yang rendah sehingga usaha skala kecil pun bisa melakukannya. Promosi online seolah terlihat sederhana, namun faktanya masih banyak yang belum merasakan keuntungan melalui promosi online. Artikel ini akan membahas Tips Promosi Online yang bisa membantu Anda lebih berhasil mengembangkan usaha dengan memanfaatkan media internet. Dan tentunya dapat dilakukan meskipun dengan budget yang rendah.

  1. Pastikan Mengetahui Target Pasar
    Strategi marketing apapun tidak akan berhasil jika kita tidak memiliki definisi yang jelas tentang siapa yang menjadi target konsumennya. Jadi sebelum kita berbicara banyak tentang promosi online pastikan dahulu target pasar kita sudah jelas. Cara untuk mengetahuinya juga mudah, hanya perlu menjawab pertanyaan: “Siapa yang paling cocok untuk menggunakan produk kita?”. Wanita kah? Ibu rumah tangga? atau mungkin remaja? Semakin baik kita mengenal karakteristik pelanggan semakin baik. Contohnya bisnis yang menjual produk perlengkapan bayi import pasti memiliki target pasar dengan ciri-ciri ibu hamil atau yang memiliki bayi, memiliki kekuatan ekonomi menengah ke atas, dan tinggal di kota-kota besar.
  2. Tentukan Tujuan dan Jangka Waktu Promosi Online
    Kesalahan kecil namun fatal yang masih sering kita lakukan saat promosi online adalah tidak menentukan tujuan yang jelas di awal. Promosi Online membutuhkan goal yang jelas. Apa harapan kita melakukan promosi online? Membangun awareness? Meningkatkan penjualan langsung? atau Mengumpulkan data calon pelanggan potensial? Apapun tujuannya, pastikan tentukan di awal. Setelah tujuan ditentukan, tetapkan juga jangka waktu promosinya. Tentukan kapan mulai dan berakhirnya promosi online kita.
  3. Buat Anggaran untuk Promosi Online
    Setelah mengetahui siapa target pasar dan apa yang menjadi tujuan promosi online, kini saatnya menentukan berapa anggaran yang ingin dikeluarkan. Beberapa contoh biaya yang dikeluarkan untuk promosi online antara lain adalah biaya keperluan hosting dan domain website, biaya admin website atau social media. Menetapkan budget di awal sangat penting untuk mencegah kebocoran pengeluaran.
  4. Search Engine Optimization
    Optimasi mesin pencari atau SEO bertujuan untuk memperbaiki peringkat website kita pada mesin pencari, terutama Google. Promosi online sangat erat kaitannya dengan Google, karena 96% pengguna internet di Indonesia menggunakannya. Mereka menggunakan Google ketika mencari informasi yang dibutuhkan. Tentunya kita ingin agar website kita muncul di halaman pertama Google saat ada yang mencari informasi terkait dengan bisnis kita. SEO bisa dipelajari sendiri dan gratis, namun memiliki kelemahan membutuhkan proses yang tidak sebentar. SEO adalah alternatif bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk iklan di Google.
  5. Membuat Website dan Menulis Sebuah Blog
    Blog adalah media lain yang efektif untuk mendatangkan calon pelanggan. Buatlah blog dengan konten bermanfaat yang masih memiliki kaitan dengan bisnis Anda. Padukan dengan SEO untuk menjadikan blog sebagai alat yang ampuh mendatangkan banyak pengunjung ke website Anda. Semakin banyak konten ada semakin besar peluang untuk mendatangkan pelanggan yang lebih banyak. Blog merupakan cara yang paling cepat untuk menjaga relevansi website Anda. Dengan blog Anda juga dapat mempengaruhi orang-orang untuk terus membuka website Anda, dan memperbanyak pengujung web. Anda harus berperan sebagai orang yang paling ahli dalam bidang yang Anda jual. Jika orang-orang menyukai apa yang Anda tulis, mereka akan lebih menghargai Brand Anda.

    Dan jika mengnginkan usaha Anda terlihat lebih profesional di internet. Kami sarankan untuk segera membuat website, kenapa harus memiliki website untuk bisnis/usaha Anda?

    Baca selengkapnya klik di : 21 Manfaat, Keuntungan & Fungsi Memiliki Website Bagi Perusahaan Dan Bisnis

  6. Media Sosial
    Mulailah untuk aktif menggunakan media sosial. Sebagian besar waktu pengguna internet dihabiskan untuk menggunakan media sosial. Selain berguna untuk membangun percakapan, media sosial adalah alat yang ampuh untuk berpromosi. Ada banyak media sosial dan Anda bebas memilih mau menggunakan yang mana. Namun saran kami, mulailah dari Facebook dan Instagram terlebih dahulu.

Demikian, 6 tips promosi online dengan anggaran rendah. Semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website Surabaya? Hubungi kami di Telp/WA  085748226395 RIRISACI Studio

Comments are closed