Lakukanlah Hal Ini, Sebelum Menggunakan Jasa Shooting Video!

Ririsaci Studio 0857-4822-6395, Jasa Shooting Video BerpengalamanDokumentasi video di Indonesia banyak juga yang membutuhkannya. Dokumentasi video pun juga sangat beragam, mulai dari acara pribadi, atau yang menyangkut perusahaan, lembaga, institusi hingga membuat film pendek maupun panjang. Tujuan seseorang untuk mendokumentasikan kegiatannya adalah sebagai arsip atau kenang-kenangan, ada juga yang beralasan sebagai media promosi. Semua itu tergantung seseorang yang ingin mendokumentasikan kegiatannya tersebut dalam bentuk video. Sehingga, banyak diantara mereka menggunakan jasa shooting video. Video memiliki berbagai kelebihan, coba bandingkan video dengan tulisan, tentu video jauh lebih dinamis dibandingkan teks. Apabila Anda juga mencoba membandingkan gambar dengan video, tentu video lebih mudah ditebak. Hal ini yang menjadi alasan mengapa video menjadi salah satu komunikasi dan informasi dalam bentuk gambar gerak dan suara.

Jasa shooting video sudah menjadi kebutuhan, karena ada banyak kebutuhan video shooting untuk keperluan pribadi maupun komersial. Memang video lebih menarik daripada hanya sebuah teks, audio, dan visual. Menurut data penelitian tahun 2016, hampir 80% aktivitas internet yang ada kaitannya dengan video. Sehingga jasa shooting video menjadi suatu jasa yang sangat penting. Di zaman digital, jasa shooting video merupakan jasa yang paling banyak dicari saat ingin mendokumentasikan sebuah acara, dan ada juga kebutuhan shooting video untuk berbagai bisnis, seperti profil perusahaan, iklan produk / layanan masyarakat dan film pendek / panjang.

Nahh, akan tetapi saat Anda menggunakan jasa shooting video, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan shooting video. Apa saja itu? Mari kita simak dibawah ini.

 

1. Menyiapkan Dana

Karena jika Anda ingin memesan jasa shooting video yang berkualitas Anda juga harus memesan penyedia jasa shooting yang berkualitas juga. Sebelum Anda memesan jasa shooting untuk membuat sebuah video, alangkah baiknya Anda melakukan estimasi biaya terlebih dahulu, saat Anda memesan jasa shooting, tetap Anda harus mengetahui perhitungan tersebut secara detail. Hal ini bertujuan agar tidak keliru untuk pengeluarannya.

Menjual jasa tidaklah sama dengan menjual produk barang. Semua jasa pasti mempunyai spesifikasi tertentu yang ditawarkan ke customernya. Terutama penyedia layanan jasa shooting video, harganya memang relatif tidak menentu. Harga jasa shooting akan menghitung banyaknya materi dan struktur yang akan diambil dalam sebuah tampilan video. Apabila semakin banyak konsep dan materi yang diinginkan customer dan tentu banyak pikiran dan tenaga yang harus dikeluarkan videografer.

Baca Juga : Pentingnya Memilih Jasa Video Rekaman Untuk Bisnis Anda

2. Siapkan Lokasi / Tempat

Tempat atau lokasi shooting adalah satu kesatuan dengan adegan dan gambar yang akan diambil. Sebab, lokasi shooting tidak sekedar tempat, namun menjadi unsur yang dapat mendukung memperindah adegan. Scene dan adegan dengan tempat yang bagus dan cocok menjadi kesatuan yang solid. Anda harus menentukan tempat lokasi yang tepat dan cocok, jika Anda bingung mencari tempat, Anda bisa menanyakan tempat lokasi shooting yang cocok pada penyedia layanan jasa shooting video, biasanya mereka lebih tau. Anda bisa mendiskusikan hal ini bersama pihak jasa shooting video.
Survey lokasi juga perlu dilakukan, untuk memperhitungkan ada kendala atau perubahan suasana bentuk lokasi shooting. Sehingga pada saat Anda shooting, jasa shooting sudah mempunyai cara atau solusi untuk mengatasinya.Terkecuali Anda menggunakan jasa shooting video untuk acara besar untuk di dokumentasikan. Maka dari itu, Anda harus membuat perencanaan yang baik sebelum menggunakan jasa shooting video. Tidak hanya itu, perizinan shooting di lokasi harus dipersiapkan dengan baik – baik. Supaya nanti pada saat shooting tidak mengganggu proses shootingnya. Pas lagi shooting tiba – tiba ditegur, hal ini tentu dapat mengganggu kegiatan shooting. Hal ini umumnya menyangkut peralatan shooting dan sewa tempat. Hal ini perlu Anda lakukan sebelum melakukan shooting video.

3. Membuat Jadwal/Waktu Shooting

Buatlah jadwal/waktu shooting, terkait dengan run down dan break down. Break Down adalah referensi melakukan kegiatan shooting, dan hal ini menjadi penting. Bukan itu saja, memikirkan scene / adegan apa yang akan diambil dan urutan adegan yang mendapatkan giliran pertama saat melakukan shooting, tapi waktu istirahat dan makan talent dan para crew juga termasuk didalamnya. Semua hal yang terkait waktu, harus terencana dengan baik. Ibarat sebuah acara, rundown menjadi referensi saat menjalankan acaranya. Jadwal harus disusun secara rinci dan detail, siapa saja, biaya dan peralatan apa saja yang diperlukan, kapan, dan serta kapan batas waktunya. Hal ini juga termasuk scene, shot, dan artisnya siapa. Lokasi sangat berpengaruh pada jadwal pengambilan gambar.

4. Kostum dan Make Up

Make Up dan kostum adalah hal yang cukup penting untuk memperindah film, dan hal ini juga perlu dipersiapkan sebelum shooting video. Seperti halnya lokasi, make up dan kostum wajib menjadi kesatuan yang solid, relevan. Make up dan kostum berpengaruh pada film/video yang akan dibuat atau tidak. Sehingga saat perubahan – perubahan yang akan terjadi masih dalam kendali. Anda harus memeriksa kembali make up dan kostum, seperti lainnya, memeriksa kembali persiapan barang yang akan dipakai. Memilih dan mencari pakaian yang akan digunakan pemeran cerita serta propertinya. Untuk hal kostum, Anda bisa mendatangkan desainer khusus atau Anda bisa menyewa atau membeli sesuai skenario cerita. Kelengkapan produk sudah biasa menjadi tanggung jawab tim jasa shooting video dan artistik.

5. Mempersiapkan Rencana Cadangan

Walaupun proses shooting sudah dipersiapkan secara matang dari mulai konsep hingga lokasi, pasti masalah muncul saat proses shooting. Hal yang tak terduga pasti terjadi, seperti cuaca tiba-tiba hujan, ada pungli di lokasi, atau waktu yang tidak cukup menjadi masalah yang sering muncul. Apabila Anda tidak ingin hal ini terjadi, Anda harus membuat rencana cadangan / backup plan yang harus disiapkan. Tim jasa shooting video harus bisa berpikir dan mengambil langkah yang tepat untuk mengambil keputusan dalam masalah. Jika masalah sulit, entah itu adegan, lokasi, konsep dalam hanya 2 hari saja.

Baca Juga : Anda Ingin Membuat Shooting Video? Perhatikan Ini Dulu!

6. Mempersiapkan Talent

Apa itu Talent? Talent adalah seseorang yang akan memerankan film tersebut. Hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan lebih awal. Maka dari itu, ada baiknya sebelum seminggu dan sehari sebelum jadwal shooting ada baiknya untuk mengingatkan kembali. Tidak hanya itu, script pada talent harus di jelaskan secara detail. Berdiskusi pada talent adalah solusinya, sehingga akan persamaan visi dan misi. Hal ini akan membuat talent bermain dengan bagus dan baik sesuai dengan film/videonya. Anda bisa meng-casting terlebih dahulu, casting adalah memilih dan mencari pemeran film/video yang cocok lewat pengumuman lewat teman-teman atau rekan kerjanya. Pemilihan pemain juga harus sesuai dengan budget yang kita miliki. Hal ini juga tanggung jawab dari pihak jasa shooting video.
Nah, itulah teman-teman beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menggunakan jasa shooting video untuk membuat video maupun film. Membuat video atau film memanglah tidak mudah, harus ada perencanaan yang baik agar produksi video atau film tersebut. Namun jika ingin film tersebut berhasil di produksi, tim jasa shooting video, sutradara, editor, dan pemeran harus saling bekerja sama dan berjuang agar film sukses diciptakan.
Diatas adalah artikel membahas beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum shooting video atau film. Bila Artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke medsos Anda. Terima Kasih!
Follow Sosmed Kami :

>Instagram : Klik Disini<

>Twitter : Klik Disini<

>Facebook : Klik Disini<

 

Ririsaci Studio Mempunyai Layanan Jasa Shooting Video All Event, Video Company Profile / Profil Perusahaan, Video Iklan Produk, Dan Animasi 2D/3D. Apabila Anda Membutuhkan Jasa Kami Harap Hubungi Nomer Yang Tertera Dibawah ini. Kami Siap Melayani Anda.

 

Telpon : 031 8477461
HP / WA  : 085748226395 / 085100552565
Email : cs.ririsaci@gmail.com
Address : Jl. Siwalankerto Utara 57c, Surabaya
Jawa Timur – Indonesia.