Peralatan Untuk Video Shooting Pernikahan Yang Harus Anda Miliki

Di masa sekarang ini, momen pernikahan sering dilakukan dengan jasa sesi foto atau video shooting wedding dahulu. Tujuannya, supaya moment sekali seumur hidup tersebut berkesan dan meninggalkan kenangan. Hal inilah yang membuat usaha jasa video dan foto prewedding semakin menjamur.

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui atau membuka usaha jasa video shooting ini, tentu perlu informasi awal peralatan apa saja yang diperlukan. Memang, untuk menghasilkan sebuah video berkualitas diperlukan juga berbagai perlengkapan yang memadai.  Hal tersebut akan dijelaskan pada kesempatan artikel ini.

 

Peralatan Sebelum Video Shooting Pernikahan

 

Jika Anda memang berencana membuka usaha video shooting pernikahan, ada sejarah peralatan yang harus disiapkan. Berikut ini beberapa diantaranya :

 

  • Alat Perekam video

 

Alat perekam disini maksudnya adalah kamera baik itu untuk foto atau video. Karena dilakukan untuk profesional sebagai jasa video pernikahan, maka kamera yang disiapkan juga harus mumpuni. Beberapa yang direkomendasikan antara lain Panasonic MDH 1, Panasonic MDH 2, Sony 1500 dan banyak lagi yang lainnya. Kamera video ini menjadi peralatan paling penting untuk dimiliki sebuah usaha video shooting. Oleh karena itu, usahakan kamera sudah memiliki kualitas bagus atau high definition. Kameranya standar atau biasa saja, maka kualitas video bisa kurang dan mengecewakan customer.

Penyedia jasa video shooting pernikahan untuk kelas menengah, kamera yang dipakai paling tidak harus mempunyai sensor 3ccd atau lebih bagus di atasnya. Kamera ini biasanya mempunyai ukuran lebih besar dengan kualitas gambar lebih tajam dibandingkan handycam biasa. Para usahawan video shooting pernikahan biasanya menggunakan minimum kamera Panasonic MDH 1.

Namun, pada usaha video shooting kelas atas peralatannya juga lebih bagus. Selain didukung peralatan yang mumpuni, kualitas sdm juga harus mampu mengemas video secara berbeda dan kreatif. Konsepnya juga harus mengesankan dan memuaskan customer.

Oleh karena itu, untuk kelas atas video shooting pernikahan harganya tidak hanya ditentukan durasi yang disajikan namun juga konsepnya. Bisa jadi video dengan durasi singkat punya harga dua kali lipat lebih mahal dibandingkan video pernikahan biasa yang durasinya 2 jam. Lagi lagi, konsep dan properti yang digunakan lebih rumit dan mahal.

Dalam menghasilkan gambar video berkualitas, memang ada beberapa peralatan penunjang yang harus disediakan. Namun, jika tujuannya adalah kalangan menengah keatas, biasanya memakai tripod supaya dapat menghasilkan gambar lebih stabil.

Jika memerlukan lebih dari 1 kamera dan ingin ditayangkan live offline menggunakan projector atau LED TV, serta jika ingin ditayangkan live online / streaming, maka perlu menggunakan video mixer. Terdapat banyak merek dan jenis mixer video dan masing-masing punya fitur dan harga yang berbeda-beda. Dalam mengoperasikannya, umumnya memerlukan seorang yang ahli editing video. Alasannya, hal ini berkaitan dengan kemampuan memilih dan memilah gambar yang nantinya ditayangkan. Hasil editan gambar dan suara dari mixer video, dapat langsung ditayangkan secara online maupun offline.

 

  • Kabel RCA dan Kabel Power

Kabel power dipakai pada sebagian besar peralatan yang memakai daya listrik misalnya lampu, TV monitor, kamera, mixer video dan sebagainya. Sedangkan, fungsi kabel rca biasa dipakai sebagai penyalur data gambar dan video yang menghubungkan mixer dengan kamera, DV recorder dengan mixer, sumber sound dan DV recorder dan lain-lain.

Kabel ini juga digunakan sebenarnya tergantung dari kebutuhan. Apabila memakai lampu LED, biasanya cukup memakai baterai saja. Sedangkan, kamera umumnya sudah tersedia baterai cadangan dengan jumlah kapasitas tertentu dan cukup awet sampai acara selesai.

 

  • Alat Perekam Suara

Selain menyiapkan alat perekam video, perlu juga alat perekam audio. Dengan adanya alat perekam suara khusus, maka kualitas suara yang dihasilkan akan sangat jernih. Jika mengAndalkan mikrofon dari kamera misalnya, saat merekam dari kejauhan tentu audionya tidak terdengar.

Bagi Anda yang mempunyai dana tidak banyak, alat perekam audio ini dapat memakai laptop atau komputer yang secara langsung disambungkan ke mixer sound system. Sedangkan untuk mereka yang punya uang lebih, bisa memakai DV recorder (DVRs). Fungsinya adalah video dan video akan direkam di satu tempat sedangkan kamera fungsinya hanya untuk menangkap gambar saja.

 

  • TV Monitor dan Mixer Video

Mixer video dan TV monitor, diperlukan apabila tampilan video shooting langsung ditampilkan secara live. Mixer diperlukan ketika memakai lebih dari satu kamera, atau yang dikenal dengan multicam.

Dengan memakai Mixer video ini, maka gambar dari kamera semua dapat dimasukkan dan dilihat dalam monitor TV. Output gambarnya bisa dipilih dan langsung tampil pada LED TV.

 

  • Lighting/Lampu

Dalam dokumentasi video shooting pernikahan, lampu dibutuhkan untuk menjaga dan menyeimbangkan komposisi warna. Terdapat banyak teknik penerangan yang dapat dilakukan dalam pendokumentasian ini. Ada yang menempatkannya di atas kamera, dibantu dipegangi, dan ada pula yang ditempatkan banyak di area shooting.

 

  • Komputer Editing

Komputer Editing merupakan alat atau perangkat yang dipakai untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk memotong dan membuang bagian video yang tidak diperlukan, menyatukan video dengan audio, dan sebagainya.

Selain membutuhkan perangkat keras yaitu komputer untuk edit video, diperlukan juga softwarenya. Hal lainnya yang diperlukan DVD atau VCD untuk mentransfer video. Karena yang diolah adalah video, maka kapasitasnya tentu harus cukup besar.

 

  • Printer

Dalam usaha video shooting untuk merekam acara pernikahan, sebenarnya printer memang tidak digunakan terlalu banyak namun penting untuk dimiliki. Pada umumnya printernya dipakai untuk membuat cover di CD maupun VCD dan label yang menempel di disk tersebut.

Anda dapat membeli printer yang sederhana saja dan jangan terlalu melebihi budget. Pilih juga printer yang bisa memungkinkan untuk di pasang tinta infus. Tujuannya, supaya lebih awet dan Anda tidak perlu harus sering-sering gonta-ganti cartridge.

 

Rekomendasi Jasa Video Shooting Terbaik

Setelah mengetahui apa saja peralatan yang diperlukan dalam video shooting, mungkin Anda juga perlu info rekomendasi jasa terbaiknya. Salah satu yang bagus, terutama bagi Anda yang tinggal di Surabaya adalah https://ririsaci.com.

Vendor ini, memiliki jam terbang bagus dalam mengelola foto maupun video shooting pernikahan. Selain itu, banyak pula jasa yang ditawarkan. Disamping video pernikahan, tersedia pula jasa video iklan produk, video siaran live, sampai juga jasa video juga untuk pemakaman atau acara lainnya.

Customer service yang ada akan memberikan pelayanan ramah. Mereka akan menjawab setiap pertanyaan Anda dengan jelas. Berbagai portofolio yang menggunakan jasanya juga dapat Anda lihat di situs utamanya.

Kesimpulannya, ada sejumlah peralatan yang dipakai dalam video shooting pernikahan. Beberapa yang telah kami sebutkan di atas wajib dimiliki oleh penyedia jasanya. Tentu, peralatan lengkap dimiliki juga oleh https://ririsaci.com. Dengan memakai jasa terpercaya, Anda akan memperoleh video berkualitas dan berkesan.