Tips Memulai Usaha Dari Modal Kecil | Cara Untuk Bisnis Anda

Sebagian orang, mempunyai mimpi untuk menjadi pengusaha sukses adalah cita-cita yang harus dicapai. Tapi, hanya sebagian kecil aja yang bisa menggapai cita-cita tersebut.  Mengembangkan usaha menjadi besar bukan hal yang mudah, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi, Anda juga bisa memulai usaha dengan modal yang kecil.

Maupun itu usaha rumahan atau bisnis dengan skala besar, bila memiliki modal yang kecil tentu akan semakin berat. Mempunyai mental baja dan tidak pantang menyerah adalah hal penting yang harus dimiliki seorang pengusaha dan harus dipersiapkan. Tapi Anda jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa kalian contoh untuk mewujudkan impian Anda menjadi pengusaha suskes.

Dibawah kita bahas sama-sama cara memulai usaha dengan modal kecil. Cuss!

Pilihlah Jenis Usaha

Langkah pertama Anda harus memilih usaha yang pas dan cocok untuk Anda. Jika Anda mempunyai hobi atau hal yang Anda sukai Anda bisa memilih usaha sesuai hobi Anda. Dengan hal ini, Anda tidak akan merasa berat dan susah ketika menjalankan usaha Anda. Anda harus berfikir bagaimana hobi Anda itu bisa  menghasilkan uang.

Seperti contoh, jika hobi Anda menggambar, maka Anda bisa memulai usaha dengan membuka usaha jasa dan menjual desain interior, sketsa gambar, gambar komik, ilustrator, kaligrafi, menjual lukisan dan sebagainya.

Memiliki Lokasi Yang Tepat & Strategis

Pilihlah lokasi yang tepat dan strategis, jika Anda memilih lokasi yang ramai dan strategis bisa membuat usaha Anda cepat maju & berkembang. Jika usaha Anda baru dibuka, jangan ragu untuk memanfaatkan ruangan sekitar rumah Anda seperti garasi, atau teras rumah. Perusahaan besar seperti Apple, Amazon, Microsoft, dan Google di dunia juga berawal dari garasi rumah. Jadi jalankan bisnis Anda dengan penuh percaya diri dan semangat agar usaha Anda berhasil dan sukses!

Gunakan Modal Dengan Bijak

Jangan membeli barang-barang yang belum dibutuhkan. Jika modal usaha Anda kecil, jangan sampai modal Anda sudah habis hanya karena membeli barang-barang yang tidak begitu penting untuk usaha Anda. Anda harus membuat catatan rencana belanja lengkap dan terencana, hal ini perlu dilakukan supaya Anda tidak salah langkah membelanjakan modal usaha.

Memanfaatkan Media Sosial

Di zaman modern saat ini jualan di media sosial sudah menjadi hal biasa. Anda dapat melakukan promosi secara online dan gratis, tentu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dari dalam negeri sampai luar negeri.

Anda bisa membuat postingan dengan gambar yang menarik dan berikan promo setiap hari, pasti akan banyak pelanggan yang datang karena tertarik dan ingin mencoba. Pemasaran produk melalui medsos dapat Anda lakukan di Facebook, Instagram, WhatsApp dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Memasarkan Produk & Meningkatkan Omset Penjualan

Gunakan Peralatan Lama yang Masih Bisa Di Pakai

Menggunakan peralatan lama yang masih layak pakai juga bisa menekan pos pengeluaran. Anda juga bisa membeli peralatan yang bekas yang kualitasnya masih baik.

Jika Anda bandingkan, bila membeli semua peralatan baru, sudah pasti pengeluaran untuk usaha Anda akan semakin banyak. Ada baiknya, Anda menghemat pengeluaran modal dari awal hingga dana bisa untuk hal-hal lain yang lebih penting.

Contoh, Anda membuat ban bekas menjadi sebagai alas meja atau tempat duduk, memakai kayu bekas untuk menjadikan rak buku atau hiasan di dalam toko, dan sebagainya.

Apakah Perlu Rekrut Karyawan?

Jika Anda ingin memulau bisnis dengan modal kecil, lebih baik Anda mengandalkan kemampuan diri sendiri dahulu untuk memulai bisnis. Karena, merekrut karyawan akan mengeluarkan uang lebih untuk menggaji mereka.

Anda harus mampu untuk menjalankan bisnis Anda sendiri untuk sementara, mengapa tidak mencoba terlebih dahulu? Jika menurut Anda kurang efisien, Anda bisa berpikir untuk merekrut karyawan. Seiring pesatnya perkembangan bisnis Anda, pasti Anda juga memerlukan bantuan tenaga kerja untuk mengembangkan bisnis Anda!

Teknik SEO Untuk Youtube: Sebuah Cara Untuk Anda

Melakukan Inovasi Produk Secara Rutin

Kebanyakan pelanggan mempunyai sifat mudah bosan, mereka menginginkan produk dengan inovasi terbaru. Apabila pelanggan sudah bosan, maka mereka akan pindah ke tempat lain yang menurut mereka lebih menarik dari sebelumnya. Seperti contoh warung bakso, saat ini banyak sekali inovasi bakso, bakso lobster, bakso klenger, bakso beranak, bakso bakar, bakso balungan dan lainnya.

Hal ini karena dapat membuat pelanggan penasaran dengan inovasi produk makanan bakso tersebut. Maka dari itu, inovasi produk sangat dibutuhkan untuk bisnis Anda yang ingin mempertahankan dan mengembangkan usaha Anda.

Mencatat Keuangan Secara Teliti

Jika Anda sudah mengerti cara untuk memulai dan menjalankan bisnis dengan modal kecil, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengelola dan mencatat keuangan bisnis Anda. Jangan mencatat pengeluaran hanya di kepala dan ingatan saja. Hal ini tidak boleh dilakukan karena biaya yang dicatat tidak sesuai dengan apa yang dibelanjakannya. Banyak pengeluaran yang tidak terduga dan akan mengalami kerugian yang tidak terduga.

 

Itulah pembahasan artikel kali ini, jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya untuk share ke teman dan medsos kalian. Terima Kasih ^_^