Cara Memasarkan Produk & Meningkatkan Omset Penjualan

Semua pengusaha wajib mengetahui strategi dalam memasarkan produk atau jasa. Jika anda bekerja dibidang marketing, maka dari itu teknik ini sangat diperlukan dalam memasarkan produk. Tapi tidak semua pengusaha dan marketer mengetahui strategi pemasaran produk. Maka dari itu mari kita bahas strategi pemasaran produk barang dan jasa dibawah ini. Yuk!

1. Mengenali Pelanggan dengan Baik

Langkah pertama adalah Anda harus mengenali pelanggan secara detail. Sebab pelanggan yang bisa menjadi target atau sasaran penjualan produk atau Anda. jika Anda tidak mengenalinya, produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak akan menarik pelanggan.

Untuk mengenali pelanggan supaya lebih mudah, lakukanlah survey terhadap pelanggan. Dan surveylah terkait produk/jasa apa yang dibutuhkan pelanggan Anda, bagaimana cara pembayaran yang disukai, distribusi produk semacam apa yang diinginkan ,dsb.

Jika Anda sudah mendapatkan hasil survey, maka pemasaran produk/jasa menjadi lebih mudah. Setelah itu Anda tinggal mencocokkan saja dengan yang diinginkan oleh customer Anda.

Karena itu, alasan survey perlu dilakukan untuk mengenali pelanggan. Sebelum produk/jasa dipasarkan atau didistribusikan kepada pelanggan, maka surveylah terkait produk/jasa yang dibutuhkan pelanggan Anda.

2. Carilah Tempat Usaha yang Strategis

Strategi pemasaran yang selanjutnya adalah carilah tempat bisnis Anda yang strategis. Pilihlah area yang ramai atau tempat yang mudah diakses publik. Tempat seperti ini bisa memberikan keuntungan daripadi ditempat yang sepi.

Cara menemukan lokasi bisnis yang strategis, Anda perlu survey lokasi terlebih dahulu. Jangan asal membelinya hanya karena harganya murah. Karena itu, pastikan tempat tersebut layak untuk menjadi tempat usaha Anda atau tidak.

Tempat berbisnis yang nyaman dan berpotensi adalah di pinggir jalan protokol. Anda bisa memilih daerah pusat administratif kota atau area perkantoran. Karena puncak keramaian ada disana.

Harga tempat bisnis di lokasi seperti itu sangatlah mahal. Tapi itu terbayar dengan keuntungan bisnis yang didapatkan. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan modal yang cukup untuk membangun usaha di tempat yang strategis.

Baca Juga: Kelebihan Video Profil Perusahaan

3. Jalinlah Hubungan Baik dengan Pelanggan Anda

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Ini wajib Anda lakukan, apabila ingin produk/jasa Anda dibeli pelanggan dan pemasaran berhasil. Akan tetapi, jika Anda tidak melayani konsumen dengan baik, pasti mereka juga malas untuk membeli produk/jasa Anda.

Saran dan kritik dari konsumen, adalah salah satu bentuk pelayanan yang baik. Anda harus yakin kalau produk/jasa Anda yang dibuat itu tidak sempurna. Karena itu, saran dan kritik dari pelanggan adalah untuk memperbaiki ketidaksempurnaan produk Anda.

Pemberian hadiah untuk pelanggan juga bentuk pelayanan terbaik terhadap pelanggan. Produk sesuai keinginan perusahaan. Dengan memberikan hadiah berupa produk, cash back, diskon tertentu, dan voucher gratis. Biasanya pelanggan akan senang dan puas, karena mereka serasa dihormati dan dilayani dengan baik. Jangan heran jika pelanggan Anda seperti ini mengajak orang lain untuk membeli produk/jasa Anda.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Perusahaan Anda harus memiliki akun medsos, semisal Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain. Dalam akun-akun itu, Anda harus memasukkan produk/jasa yang anda tawarkan kepada customer. Jangan lupa sertakan review/artikel terkait produk yang Anda jual.

Bila produk Anda sudah ada di dalam akun medsos, maka Anda harus share ke medsos yang lain atau menampilkannya di beranda. Maka nanti akan banyak orang yang melihat postingan Anda. Jika mereka tertarik untuk membeli produk yang Anda jual, mereka akan menghubungi Anda melalui medsos atau nomor telpon Anda.

Ini adalah strategi pemasaran produk yang paling ampuh, murah, dan cepat. Karena itu, perusahaan Anda wajib memiliki media sosial untuk pemasaran produk dalam area yang lebih luas.

5. Membangun Toko Online 

Zaman modern ini membuat toko online dan menjual produk secara online adalah hal biasa. Perusahaan Anda harus memiliki toko online sendiri supaya, perusahaan Anda bisa terkenal di seluruh dunia tanpa adanya batasan waktu dan jarak.

Membangun toko online sendiri termasuk strategi pemasaran produk yang baik bagi perusahaan Anda. Membangun toko online dan website sendiri dapat menguras waktu dan dana yang banyak. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan untuk perusahaan Anda di masa depan.

Butuh Jasa Pembuatan Website? >Klik Disini<

6. Lakukan Promosi dengan Tepat

Promosikan produk/jasa Anda dengan tepat. Promosi tergantung kepada Anda termasuk dimana anda meletakkan promosi Anda. Bisa melalui medsos, media cetak, situs web dan sebagainya. Lakukan promosi produk dengan konten-konten yang kreatif. Buatlah konten yang bisa menarik pembeli pada produk/jasa yang Anda tawarkan. Dan jangan lupa untuk mempromosikan produk dengan konten yang menarik dan kreatif.

Selalu promosikan produk/jasa Anda secara konsisten. Jika hanya satu dua kali promosi, hasilnya tidak akan memuaskan. Oleh karena itu, lakukanlah promosi yang tepat sasaran. Dalam arti tepat sasaran sekaligus lakukan promosi dengan dana seminimal mungkin. Yang penting orang-orang tertarik dengan promosi Anda itu.

7. Jalankan Bisnis Dengan Sistem Dropship

Sistem Dropship, mengajak pelanggan untuk ikut serta menawarkan produk Anda kepada orang lain. Pelanggan Anda akan menawarkan produk Anda kepada partner, teman dan sebagainya.

Jika ada yang tertarik dengan tawarannya, maka harus dipertemukan dengan pihak penjual saja. Nah, si pelanggan yang berhasil menawarkan produk Anda, itu akan dapat komisi dari perusahaan Anda.

Apabila, semakin banyak dropship yang bergabung, jangkauan promosi akan semakin luas. Anda tidak akan turun sendiri ke daerah yang ada di seluruh Indonesia, kecuali menggunakan sistem Dropship ini.

8. Menggunakan Jasa Influencer

Strategi pemasaran produk supaya lebih efektif yang terakhir adalah menggunakan bantuan jasa influencer. Anda bisa memilih mau influencer dari kalangan artis, ahli atau orang yang mempunyai viewer jutaan.

Siapapun yang Anda pilih berpotensi untuk mengajak orang lain ikut membeli produk Anda. Apalagi jika Anda memilih Artis, pasti fansnya juga ikut membeli produk yang dia tawarkan.

Menggunakan pemasaran produk ini tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal. Akan tetapi, jika anggarannya tepat, tak masalah. Sebab keuntungannya akan lebih besar daripada modal promosi yang dikeluarkan perusahaan.

Baca Juga> Peluang Usaha Jasa Shooting dan Foto

Jika Anda ingin perusahaan menguntungkan dan bertahan, Anda harus merancang strategi pemasaran produk dengan matang. Bila Anda sedikit saja salah mengambil keputusan, maka perusahaan Anda pasti mengalami kerugian, bisa-bisa perusahaan Anda bisa bangkrut!