Teknik SEO Untuk Youtube: Sebuah Cara Untuk Anda

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara teknik SEO YouTube Video. Jadi apabila Anda memang bergerak di bidang SEO karena itu Anda wajib menyimak materi dari artikel ini. Anda harus mengetahui bahwa YouTube kini banyak pesaing, maka Anda harus bisa bersaing supaya konten video Anda berada diposisi pertama dalam pencarian YouTube.

Biasanya Google juga menggunakan sistem SEO, pencarian dan kata kunci. YouTube juga akan menggunakan sistem kata kunci. Jadi YouTube juga akan memiliki sistem SEO agar video yang di upload bisa berada di posisi pertama dalam pencarian YouTube dengan keyword yang sudah ditentukan.

Anda harus menerapkan teknik SEO YouTube yang tepat, maka dari itu Anda bisa mendatangkan banyak viewers ke video yang Anda upload. Karena itu jika Anda adalah orang aktif dalam dunia social video seperti YouTube, Anda harus menyimak materi panduan SEO YouTube di bawah ini. Untuk merealisasikan harapan Anda memiliki penonton dan subscribe yang banyak tidak menjadi masalah untuk Anda.

Cara ini terdiri dari membuat video yang berkualitas, riset keyword/kata kunci, melakukan promosi, melakukan optimasi metadata, dan memanfaatkan tools YouTube analytics. Dibawah ini mari kita bahas, Anda bisa menyimak penjelasannya.

1. Lakukan Riset Keyword atau Kata Kunci

Langkah pertama adalah lakukanlah riset kata kunci. Hampir sama dengan melakukan SEO di Google, di YouTube juga memerlukan kata kunci atau keyword. Pilihlah kata kunci yang tepat untuk video Anda.

Karena setiap kata kunci mempunyai persaingan yang berbeda. Untuk itu Anda harus melakukan riset kata kunci/keyword. Anda harus memerhatikan beberapa hal sebelum melakukan riset keyword, Anda harus menemukan kata kunci yang cocok dengan tema video. Anda bisa menggunakan Google Trend agar bisa tahu pergerakan keyword yang paling banyak digunakan oleh orang lain pada saat tertentu.

Anda juga dapat menggunakan Tools seperti Keyword Tools (keywordtool.io) atau Google Keyword Planner. Tapi untuk Keyword Tools Anda harus berlangganan berbayar untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang kata kunci.

2. Buatlah Video Yang Berkualitas

Selanjutnya adalah Anda harus mempunyai video yang berkualitas. Hal ini akan membuat video Anda nyaman untuk di lihat oleh penonton. Perlu Anda ketahui, dalam hal membuat  video tidak bisa  asal-asalan , Anda diharuskan untuk membuat konten video yang sesuai dengan kebutuhan subscribe Anda.

Ada banyak sekali ide untuk membuat konten video, semisal membuat podcast video, video tutorial, video Blog atau Vlog, dan lain sebagainya. Yang penting adalah memaksimalkan editing video sebagai pemanis video, agar video nyaman untuk dilihat penonton.

Baca Juga: Rekomendasi Software Editing Untuk PC

3. Optimasi Metadata

Lakukan Optimasi Metadata, kasih kata kunci di judul video Anda. Tidak itu saja, Anda juga wajib memaksimalkan membuat dekskripsi pada video dan menggunakan tag yang cocok untuk video Anda. Sebelum Anda mengupload video, judul dari file video cocok dengan video YouTube yang Anda buat. Masukkan kata kunci pada judul file video Anda.

Selain itu, Pada bagian Deksripsi, Keyword, dan Judul, selipkan kata kunci yang sudah Anda riset. Pada bagian deskripsi , Anda bisa membuat informasi terkait video yang Anda upload di YouTube di channel Anda.

4. Promosi Video (Channel YouTube)

Anda harus mempromosikan video Anda di media sosial. Jika Anda mempunyai dana yang cukup, Anda bisa mengiklankan video Anda. Anda juga bisa share berbagai sosial media, seperti FaceBook, Instagram, Telegram, WhatsApp. Gunakanlah fitur share link di YouTube, Anda bisa berbagai video ke berbagai sosial media. Jika video Anda dengan tujuan yang tepat,video Anda bisa saja viral.

5. Menggunakan Tools YouTube Analytics

YouTube sudah dilengkapi dengan fitur YouTube Analytics. fitur YouTube Analytics dapat mengukur performa video dan channel Anda di YouTube. Contohnya seperti berapa banyak jumlah subscriber Anda, jumlah penonton, dan berapa banyak waktu mereka saat menonton video Anda (jam tayang).

6. Boosting dengan Video Baru

Video yang sudah lama diunggah kemungkinan terus dilihat oleh penonton YouTube. Jika video baru di upload maka akan membuat penonton harus menyaksikannya supaya paham dengan alurnya.

Anda tidak perlu khawatir jika video lama tenggelam karena unggahan video baru. Justru itu akan membantu mem-bossting video sebelumnya supaya terus naik. Video terbaru Anda yang unik akan menarik penonton untuk menelusuri video-video lain dari channel Anda.

7. Tempatkan Embed dan Link

Perlu di ingat tag embed dan link itu berbeda. Tapi, keduanya saling berhubungan. Kalau tag embed itu kode script berupa HTML untuk menunjukkan tampilan konten video pada suatu halaman website atau blog, maupun media sosial. Sedangkan link adalah merupakan sumber dari suatu situs.

Bila Anda mempunyai blog atau website, sertakan embed video YouTube Anda. Hal ini akan memperbagus SEO. Begitu juga dengan link yang dikaitkan dengan mention website atau blog pada video di YouTube Anda. Penempatan link pada unggahan video di YouTube ada di bagian dekskripsi video.

Baca Juga: Perbedaan Website dan Blog

8. Bangun dan Pelihara Channel Anda

Channel adalah media untuk mengupload video Anda. Tentu membutuhkan alamat email dan akun supaya bisa mempunyai channel YouTube. Bermacam-macam postingan video Anda akan disubsribe dan ditonton oleh banyak orang yang menyukai video Anda. Selain jumla subscriber, tayangan, komentar dan like juga bisa membuat video menjadi naik.

Bila Anda serius dalam mengembangkan ide untun konten video, saatnya bagaimana Anda agar konsisten untuk membuat konten video yang menarik. Konsistensi dalam mengupload sebuah video secara rutin perlu dilakukan agar YouTube melihat permorma channel Youtube Anda.

Persaingan dalam dunia YouTube memang sangat ketat, Anda harus lebih kreatif lagi dalam membuat konten. Konten yang dibuat tidak boleh itu-itu saja/monoton supaya menarik para penonton untuk terus mengunjungi dan menelusuri channel Anda.

Menerapkan teknik SEO pada video Youtube matang, teratur, dan benar adalah teknik yang akan memunculkan rasa optimis bahwa video kita akan naik peringkat dan akhirnya Trending!. Silahkan mencoba, semoga sukses!

 

Kami mempunyai jasa untuk kebutuhan Anda:

Jika Anda tertarik menggunakan jasa kami harap hubungi:

0857-4822-6395 | Fast Respons!