Apa Sih SEO Itu? Pengertian, Cara Kerja, Teknik | Ririsaci Media

 

 Ririsaci-Studio-Jasa-Video-Shooting-Surabaya-Sidoarjo-Tim-Aria-Centra-Hotel-Sweet-Seventeen
Jasa Shooting Surabaya

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization merupakan teknik/cara optimasi pada website agar muncul di halaman pertama google dengan keyword yang sudah ditentukan.

Namun itu hanya sebagian kecil dari konsep SEO, SEO memiliki banyak sekali kegunaan untuk blog maupun website. Pada artikel ini kami akan menjelaskan secara sederhana supaya Anda paham apa itu SEO dan mengapa SEO itu sangat  penting untuk website atau blog.

Pengertian SEO

SEO berfungsi mengoptimalkan agar website kita berada dihalaman pertama paling atas

Pengertian dari SEO adalah sebuah cara untuk mengoptimasi website atau blog kita agar mendapat peringkat teratas di hasil pencarian Google, terkhusus pada organic research. Pengguna melakukan pencarian organik dengan memasukkan keyword atau kata kunci pada search engine Google.

SEO dapat membantu Anda untuk mendapatkan traffic yang tepat sasaran. SEO dapat membantu Anda mendapatkan trafik organik dari search engine yang cocok dengan tujuan website Anda.. Anda harus mematuhi aturan yang sudah diterapkan oleh pihak Google. Anda harus tahu bagaimana SEO itu bekerja dan cara memahami algoritma Google.

Cara Kerja SEO

SEO berfungsi untuk mengoptimasi website atau, sehingga user dapat menemukan yang mereka butuhkan dengan menggunakan keyword tertentu. Dalam proses optimasi, menawarkan tiga manfaat yaitu, mendatangkan lebih banyak traffic organic, menjadikan search engine sebagai sumber yang handal, serta memberikan informasi yang relevan.

Hasil pencarian tidak muncul langsung. Karena proses search engine optimasi tidak semudah yang dibayangkan. Search engine mempunyai tugas utama yaitu:

Crawling

Crawling bertugas untuk mengumpulkan informasi dari semua website. Dari halaman satu ke halaman yang lainnya, dan link satu ke link yang lainnya. Tahap awal ini adalah proses dari kerja search engine optimization.

Indexing

Setelah proses crawling selesai, selanjutnya web crawler akan menyimpan semua informasi tersebut ke dalam enty list: index.

Ranking

Tahap terakhir, search engine akan menunjukkan hasil peringkat sesuai pencarian yang paling cocok dengan konten yang relevan dengan kata kunci yang dituju. Algoritma Google akan memastikan user mendapat informasi dari sumber yang terpercaya.

Baca Juga: Inilah 8 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Sebelum Membuat Website

Teknik Seo

Apabila Anda baru mulai mencoba teknik SEO untuk mengoptimasi website Anda, dibawah ini kita bahas panduan strategi SEO untuk pemula.

1. Melakukan Riset Keyword

Jika Anda ingin mengembangkan situs website, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah perencanaan. Selanjutnya, langkah berikutnya yang paling penting adalah apa yang dicari orang saat mengetik keyword tersebut di mesin pencarian Google.

Anda dapat melakukan riset keyword menggunakan Keywordtool.io, Google Adword, google telah menyediakan layanan ini secara gratis. Setelah itu, coba googling keyword tersebut dan lihatlah artikel apa yang keluar.

Pada umumnya jenis artikel tersebut akan sama dan bisa menjadi tanda seperti apa artikel yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Namun tentu, bukan berarti Anda membuat artikel yang sama.

2. Menggunakan Domain Berisi Keyword

Anda harus memasukkan kata kunci atau keyword kedalam domain Anda. Cara ini pasti dapat membantu dan rekomended untuk Anda coba.

3. Membuat Konten yang Berkualitas & Menarik

Anda harus menyiapkan konten yang berkualitas untuk para pembaca situsmu. Anda harus membuat para pembaca nyaman dan menikmati semua konten secara terus menerus. Ada baiknya Anda tetap melakukan update pada situs dengan konten yang menarik bagi para pembaca. Konten tersebut tentu harus bermanfaat dan mengandung kata kunci/keyword SEO.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Manfaatkanlah media sosial seperti Facebook, Instagram, Telegram, Youtube, dan sebagainya. Media sosial mempunyai perang penting di search engine. Anda tidak hanya membuat konten yang bagus, tetapi juga berkualitas dan menarik untuk dibagikan. Jadi, Anda harus memperhatikan media sosial dalam meningkatkan situs dan SEO.

5. Bangun backlink

Algoritma Google selalu berubah dari waktu ke waktu. Tapi, hal penting yang tidak akan bisa berubah dalam SEO adalah backlink. Maka dari itu, Anda harus membangun backlink yang berkualitas untuk website Anda. Cara ini bisa Anda melakukan secara terus menerus.

Membangun blacklink untuk website adalah membangun yang berkualitas. Maka, gunakanlah waktu luang Anda buat bangun backlink yang berkualitas dan harus dilakukan secara terus menerus.

6. Percepat Halaman Website

Langkah selanjutnya yaitu lakukan perbaikan pada bagian konten dari situs website Anda. Pembuatan heading yang baik, penyebaran keyword density, penulisan alt image, struktur konten yang jelas, eta title dan description, serta pembuatan konten cocok dengan kata kunci/keyword yang Anda targetkan.

7. Promosikan Situs Anda

Anda harus mempromosikan dengan cara mengunggah halaman website Anda pada media sosial yang Anda punya. Agar dapat pengunjung website yang banyak. Anda bisa mempromosikan lewat Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya.

Baca Juga: Bagaimana Website Yang Baik?

Search Engine Optimization merupakan teknik untuk mengoptimalkan halaman website Anda supaya mendapat peringkat  pertama di halaman hasil pencarian Google Search Engine. Tentunya hal itu tidak mudah, tapi jika Anda bekerja keras dan berusaha, hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Semangat! ^_^