Pengertian Multimedia : Sejarah, Fungsi, Jenis, dan Prospek Karir.

Pengertian Multimedia : Sejarah, Fungsi, Jenis, dan Prospek Karir.

Di kehidupan sosial, berkomunikasi adalah hal paling umum. Kita sebagai manusia melakukan hubungan sosial dengan cara berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Akan tetapi di zaman modern saat ini, nggak cukup kalau kita hanya melakukan dua hal tersebut. para ahli pengembang melakukan kontribusi menciptakan bermacam  media komunikasi digital yang lebih efisien. Generasi milenial menyebutnya dengan Multimedia. Kehidupan bersosialisasi, pekerjaan bisa dibantu dengan bidang multimedia ini.

Untuk kalian, generasi milenial sungguh amat mudah dan nyaman hidup di zaman serba digital ini. Multimedia kini sangat banyak macamnya dan hampir semua sarana kuno terganti oleh teknologi multimedia. Tidak hanya memakinya saja kalian juga harus tau sejarah dan asal pengetahuan multimedia.

Maka itu, kami telah merangkum lengkap pengetahuan tentang multimedia, jenis, sejarah, fungsi, dan prospek karir. Mohon disimak penjelasan lengkapnya, agar kalian mengerti.

1.Pengertian Multimedia.

pengertian-multimedia-sejarah-fungsi-jenis-dan-prospek-karir
Materi Dasar Multimedia

Multimedia berasal dari dua kata, yaitu Multi dan Media. Multi artinya bermacam-macam atau banyak, kalau Media artinya sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Dapat disimpulkan bahwa, Multimedia adalah teknologi media menggunakan sistem integrasi antara teks, suara, animasi, video, dan audio dengan perangkat dan koneksi internet pengguna bisa berkomunikasi, bersosialiasi, berkarya, dan bernavigasi. 

Arti Multimedia Menurut Para Ahli

  • Menurut Vaughan (2008) : Multimedia adalah gabungan berbagai media dan disampaikan melalui komputer atau perangkat digital.
  • Menurut Rosch (1996) : Multimedia adalah gabungan antara komputer dan video.
  • Menurut Mc Cormick (1996) : Multimedia merupakan kombinasi antara tiga elemen, yaitu : gambar, teks, dan suara.
  • Menurut Turban (2002) : Multimedia adalah gabungan dari dua atau lebih media input atau output dari data, media tersebut berupa audio (suara/ musik), video, teks, animasi, gambar, dan grafik.
  • Menurut Robin dan Linda (2001) : Multimedia sebagai alat presentasi yang interaktif dan dinamis dengan menggabungkan gambar video, animasi, grafik, teks , dan audio.
  • Menurut Najjar (1996) : Multimedia adalah penyampaian pesan memakai gabungan dari video, teks, animasi, grafik, dan suara. 

2. Sejarah Singkat Multimedia

pengertian-multimedia-sejarah-fungsi-jenis-dan-prospek-karir
Sejarah Multimedia

Apabila dipelajari lebih jauh, multimedia mempunyai sejarah yang cukup dalam. Sebelum kalian menggunakan teknologi multimedia, kalian wakib mengetahui dulu tentang sejarah multimedia dari zaman ke zaman. Berikut penjelasan lengkap sejarah multimedia dari tahun ke tahun.

– Sebutan multimedia pada zaman dulu berasal dari acara teater tanpa mengggunakan perangkat komputer. Pada zaman itu pertunjukan yang menggunakan medium lebih dari satu dan disebut multimedia.

Pada abad 15 an, Seorang tokoh bernama Caxton dan Gutenberg memperkenalkan media cetak.

– 1862, Seseorang bernama Mathew Brady memperkenalkan pameran fotografi ke publik.

– 1969 , Lahirnya Internet yang berupa jaringan komputer dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek ARPA dengan mengembangkan jaringan bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

– 1971, Terciptanya Email oleh seorang insinyur bernama Ray Tomlinson dalam proyek SNDMSG.

– 1976, pada tanggal 1 April 1976, tercipta teknologi Apple (perusahaan personal computer (PC) atau komputer private / pribadi yang mempopulerkan antarmuka pengguna grafis) yang didirikan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs.

– 1983-1986, Knight Ridder memperkenalkan sebuah digitalisasi dengan terciptanya Viewtron (proyek yang memberikan akses berita ke umum, sebelum disalurkan ke media cetak).

– 1987, Mulai lahir sistem multimedia dengan diperkenalkannya Hypercard oleh perusahaan Apple. Selnajutnya tahun 1989 ditandai juga dengan pengumuman IBM, tercipta perangkat Video Adapter Card PS/2 dan Audio Visual Connection (AVC).

– 1988, Berkembangnya World Wide Web (WWW) dengan memaparkan banyak pengguna situs berita dari bermacam media online. Contohnya, The Chicago, CNN, News, Tribune & Observer.

– 1994, Koran Inggris mengikuti tren teknologi dengan menciptakan Electronic Telegraph (Koran bertema daring pertama di Eropa). Semuanya masih berlanjut dengan mengembangkan media berita.

– 1994, Diciptakannya Netscape oleh Marc Andreesen dan Jim Clark

– 1995, Muncul perkembangan software platform mandiri bernama JAVA.

– 1995, Indonesia sedang mengembangkan koran daring bernama Kompas dan Republika. Jaman itu pengguna internet di Indonesia sudah banyak. Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran Tempo Interaktif (konten berupa wawancara profil tokoh dan narasumber) pada tahun 1996.

– 1996, Lahirlah Internet Explorer dan Microsoft.

Baca > Tips Sederhana Dasar Fotografi

3. Jenis-Jenis Multimedia

Berdasarkan namanya, apabila dilihat dari sarana penggunaan multimedia dibagi dua macam, yaitu multimedia online (dengan jaringan internet) dan offline (tanpa jaringan internet). Selanjutnya untuk media pelayanan serta dapat diklasifikasikan dengan beberapa macam yaitu, cahaya, media kertas, gambar, suara, dan digital. pengertian arti dari multimedia sendiri lumayan kompleks.

4. Fungsi dan Manfaat Multimedia

pengertian-multimedia-sejarah-fungsi-jenis-dan-prospek-karir

Bidang multimedia mempunyai peran penting dalam kehidupan modern saat ini. Hal ini juga memengaruhi  akal manusia untuk terus mengembangkan teknologi baru yang lebih canggih.

Berperan penting dalam dunia pendidikan. Multimedia dipakai dalam sistem pendidikan untuk mempermudah penyampaian isi materi dan pembuatan media belajar agar membuka wawasan yang lebih luas.

Penyedia sarana informasi. Dengan teknologi informasi dan komunikasi menerima informasi dari satu orang ke orang lainnya lebih cepat dan efisien. Sebagai contoh: media sosial, media online, dan sejenisnya.

Sebagai wadah kreativitas. Bidang ini membantu para kreator untuk menyalurkan bakatnya. Sebut saja konten kreator, YouTuber, Freelance Desain, DLL.

Multimedia pendukung dunia bisnis. Sebuah perusahaan akan terlihat tinggi, saat produk atau jasa yang dikemas bersifat menarik, interaktif, dan informatif. Seperti contoh branding, logo, packaging produk, DLL.

5. Pekerjaan Bidang Multimedia

Interactive Media Designer (Desainer Media Interaktif). Menciptakan tampilan dan semua suasananya dari berbagai produk komunikasi interaktif dengan menggunakan teks, data, efek-efek visual, grafik, suara, animasi, DLL.

Animator. Seseorang yang bekerja membuat animasi objek karakter seperti anime, kartun, animasi, tokoh game,  dan sebagainya. Profesi multimedia saling berkaitan satu sama lain, karya animator dapat dipakai untuk, video, produksi film, website, games, animasi, dan masih banyak lagi.

Graphic Designer. Seorang desainer grafis yang mampu untuk menciptakan desain memakai software grafis. Beberapa contoh yang dikerjakan oleh Graphic Designer yaitu, logo, poster, website, branding, desain, dan lain-lain.

Fotografer dan Video Shooting. Profesi yang bekerja menggunakan alat kamera untuk mendokumentasi foto dan video, serta pembuatan Film.

Office Administrator. Profesi admin perkantoran juga makin mudah dengan adanya software multimedia. Sebut saja software office yang berfungsi untuk mengolah data perusahaan.

Illustrator. Profesi dalam desain ilustrasi gambar visual dengan mengkombinasikan unsur seni desain dan kreativitas.

Lihat : Perlunya Jasa Video Dokumentasi Bagi perusahaan

Kesimpulan :

Multimedia sudah menjadi peran penting dari kehidupan manusia modern saat ini. Setiap hari manusia telah menggunakan dan menikmati teknologi multimedia seperti smartphone, televisi, komputer,  dan sejenisnya yang bisa menampakkan video & audio. Manusia juga sudah dipermudah dengan teknologi internet yang sangat canggih dan tentu mempermudah kita berkomunikasi satu sama lain.

Itulah pembahasan lengkap penulis mengenai pengertian multimedia, sejarah, fungsi, jenis, dan karier dalam bidang multimedia. Sebarkan artikel ini ke sosial media kamu agar semakin bermanfaat. Terima Kasih!