Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless, Mana Yang Lebih Baik ?

Jenis kamera saat ini sudah banyak diciptakan dan dipasarkan dengan fitur yang semakin canggih. Namun, ada beberapa jenis kamera yang selalu menjadi perbincangan oleh para fotografer, apa itu? Nah, DSLR dan Mirrorless. Kedua jenis kamera ini memiliki perbedaan dan kesamaan. Jika kedua kamera ini dibandingkan, mana menurut Anda yang terbaik?

Sudah disebutkan diatas, ada beberapa perbedaan dan kesamaan antara kamera DSLR dan Mirrorless. Persamaan yang paling umum adalah Anda bisa mengganti lensa dan menu pilihan setting manual lebih banyak daripada kamera compact. Kedua kamera ini mampu menghasilkan foto yang kualitasnya sama. Nah, pada kali ini Ririsaci Media akan membahas topik tentang perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless.

 

Perbedaan Kamera DLSR & Mirrorless

1. Bentuk

Perbedaan kamera DSLR dengan Mirrorless yang paling terlihat jelas yaitu bentuknya. Kamera DLSR memiliki bentuk yang lebih besar daripada Mirrorless, kamera Mirrorless memiliki body yang lebih kecil. Alasan kamera Mirrorless lebih kecil karena fitur yang disediakan lebih sedikit dari DLSR. Dengan ukurannya yang kecil dan sederhana, hal ini yang menjadikan orang-orang lebih memilih Mirorrless daripada DSLR sebab tidak terlalu menonjol saat dibawa kemana saja untuk mencari objek foto.

 

2. Fitur

Perbedaan kedua kamera ini selanjutnya adalah fitur di setiap masing-masing kamera. Kamera Mirrorless memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan kamera DSLR. Banyak fitur yang dimiliki oleh kamera DSLR dan tidak dimiliki kamera Mirrorless. Seperti contoh, adalah kualitas sensor yang baik, ukuran lensa yang bisa diubah – ubah sesuai kebutuhan, serta setting segitiga exposure secara manual. Jika Anda menggunakan kamera DSLR, dengan banyaknya fitur yang dimilikinya Anda bisa leluasa menghasilkangambar yang dramatis dan sesuai kebutuhan Anda lainnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kamera Digital Yang Perlu Anda Ketahui

3. Aksesoris

Perbedaan berikutnya adalah ketersediaan aksesoris kamera DSLR dan Mirrorless. Meskipun body dari kamera DSLR besar dan berat, kamera ini mempunyai aksesoris yang lebih banyak dibanding dengan Mirrorless. Dengan aksesoris yang banyak ini pengguna menjadi lebih leluasa mengganti atau menambah aksesoris yang tersedia untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Meskipun ketersediaan aksesoris Mirrorless lebih sedikit, tapi penggunanya semakin banyak. Hal ini menjadikan banyak aksesoris yang dijual online di toko-toko tertentu.

 

4. Baterai

Kamera DSLR banyak digunakan untuk keperluan profesi, maka dari itu kapasitas baterai DSLR lebih besar dan tahan lama dibandingkan Mirrorless. Dengan kapasitas baterai yang besar, menjadikan kamera DSLR dapat mendukung banyaknya fitur manual dari kamera DSLR. Kapasitas baterai pada kamera Mirrorless lebih kecil daripada DSLR, tapi bukan berarti Anda tidak bisa leluasa memakai kamera ini. Kapasitas baterai yang besar, juga dipengaruhi oleh pemakain kamera. Anda tidak perlu terlalu sering menggunakan kamera, lagi pula baterai yang kapasitasnya kecil tentu tidak menjadi masalah serius.

 

5. Lensa

Mirrorless sendiri juga punya banyak jenis lensa yang bisa digunakan. Tapi banyaknya lensa pada kamera Mirrorless tidak sebanyak kamera DSLR. Kamera DSLR mempunyai banyak variasi lensa yaitu Lensa Fix, Fish Eye, hingga Tele ratusan milimeter. Sudah banyak produsen yang membuat berbagai jenis lensa, saat ini juga banyak lensa yang diproduksi oleh pihak ke tiga yang dapat digunakan untuk kamera DSLR Anda. Setiap lensa memiliki kelebihannya sendiri, sehingga mengetahui fungsi dari kamera Anda adalah satu hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli lensa.

Baca Juga: Cara Mengatur Segitiga Exposure Pada Kamera

6. View Finder

View Finder biasa disebut jendela bidik. Ini adalah perbedaan dasar yang lain antara kamera DSLR dan kamera Mirrorless. Mirroless biasa menggunakan Electronic View Finder, jadi hanya melihat objek dengan apa adanya. Tapi, Mirrorless memiliki kelebihan yaitu bisa mengatur ulang gambar yang sesuai dengan kebutuhan saat ditampilkan di LCD.

Lain dengan kamera DSLR yang memakai Optical View Finder (OVF). Optical membuat semua kamera DSLR mempunyai bentuk View Finder yang agak luas karena mengikuti besar pada OVF. Anda tidak akan bisa melihat hasil potret DSLR sebelum nampak di LCD yang ada. Hal ini adalah kekurangan dari kamera DSLR yang tidak Anda temui di kamera Mirrorless.

 

7. Shutter

Kamera DSLR punya banyak fitur manual, sehingga kamera DSLR biasanya mempunyai cermin di salah satu bagian kameranya agar mendukung kinerjanya. Cermin pada kamera DSLR tidak akan di temukan di kamera Mirrorless atau di kamera digital lainnya. Karena, kamera Mirrorless lebih baik dalam hal shutter yang senyap/sunyi. Kamera mirrorless mampu mengambil gambar tanpa ada pergerakan maupun memotret tanpa suara.

 

8. Live Preview

Baik kamera DSLR atau kamera Mirrorless, kedua kamera ini sudah mempunyai Live Preview supaya dapat melihat langsung hasil foto. Jika kamera Mirrorless punya fitur ini sejak saat generasi pertama dipasarkan, DSLR saat itu baru meluncurkan fitur Live Preview saat Mirrorless diluncurkan. Berarti, bila Anda menemukan kamera DSLR yang belum ada fitur Live Preview mungkin itu adalah kamera keluaran lama sebelum Mirrorless muncul.

 

9. Autofocus

Jika Anda mencari performa autofocus yang baik, maka Anda harus memilih kamera DSLR daripada kamera Mirrorless. Mengapa begitu? karena kamera DSLR mempunyai kontrol manual untuk semua fitur. Hanya saja, beberapa kamera Mirrorless ada yang memiliki autofocus tapi performa fitur tersebut masih belum bisa menyaingi performa yang dimiliki DSLR.

 

10. Video

Kamera DSLR sudah mempunyai resolusi video dengan format HD hingga 4K. DSLR banyak digunakan oleh videografer untuk merekam video. Walaupun, kamera Mirrorless sudah bisa melampaui kamera DSLR dalam merekam video. Kamera Mirorless mempunyai kelebihan sendiri jika dibandingkan dengan kamera DSLR, sebab sudah bisa menciptakan kualitas resolusi video hingga 4K dan lebih unggul dengan sistem yang sederhana daripada kamera DSLR.

Penggunaan kamera Mirrorless juga lebih tambah banyak jika dibanding dengan kamera DSLR. Karena semakin banyaknya orang yang mempelajari dan mendalami dunia videografi baik itu untuk keperluan vlog pribadi atau adversiting.

Baca Juga: Tips Sederhana Untuk Membuat Foto Aesthetic

10. Sensor

Sensor pada kamera Mirrorless generasi pertama, masih kalah jauh dibandingkan dengan kamera DSLR saat itu. Tapi ada beberapa sejumlah produsen kamera digital belakangan ini, sudah mulai memadukan langkah kamera DSLR dengan kamera Mirrorless. Kamera Mirrorless sudah tersedia dengan berbagai sensor yang bermacam – macam di setiap jenisnya saat proses memotret gambar. Kamera Mirrorless memproses pengambilan gambar dengan hanya menggunakan satu sensor utama, dimulai dari pengukuran cahaya sampai mengunci fokus. Beda halnya dengan kamera DSLR yang sebagian besar menggunakan sensor ukuran Full Frame dan APS-C. Kamera DLSR menggunakan beberapa sensor yang beda, yang terpisah dari sensor utama, dan hanya untuk memotret satu foto saja. Hal ini yang menjadi alasan mengapa body kamera DSLR susah dibuat ringkas.

Sebagian besar kamera Mirrorles dan semua kamera DSLR menggunakan sensor ukuran yang lebih besar dari kamera compact. DSLR juga ada yang menggunakan sensor full-frame dan APS-C. Contoh kamera DSLR yang menggunakan full-frame adalah Canon 1DX, Nikon D750, Canon EOS-1D Mark II, Canon EOS 5DS R, dan masih banyak lagi. Ukuran APS-C juga biasa digunakan pada kamera mid-range dan entry-level, kameranya adalah Nikon D7500, Canon 1300D dan Pentax KP. Biasanya, ada dua sensor yang dipakai, yaitu Micro Four Thirds (MFT) dan Four Thirds keluaran Panasonic dan Olympus.

 

Itulah beberapa perbedaan antara kamera DSLR dan Mirrorless. Apakah Anda sudah memutuskan kamera apa yang akan Anda pilih? Apapun jenis kamera yang Anda pilih, itu harus sesuai kebutuhan Anda. Anda tidak perlu memiliki kamera DSLR apabila Anda sudah mempunyai kamera Mirrorless. Tapi, jika Anda ingin menjadi fotografer yang profesional, Anda pasti membutuhkan kamera DSLR.

Itulah artikel kami kali ini, semoga pembahasan artikel ini bisa Anda mengerti dan bermanfaat. Jangan lupa share bila artikel ini bermanfaat. Terima Kasih!

 

Follow sosial media kami agar mendapat info terbaru dari kami.