Jenis-Jenis Kamera Digital Yang Harus Anda Tahu – Ririsaci Media

Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun ini seakan tidak mau berhenti terus menciptakan teknologi yang terbaru untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya yaitu kamera digital. Kamera adalah alat yang biasa digunakan untuk mengabadikan suatu objek menjadi suatu gambar yang gerak atau yang tidak gerak. Pada saat diluncurkan di pasar tepatnya pada akhir tahun 1990, perkembangan kamera digital mulai berkembang sangat pesat. Seiring berkembangnya teknologi jenis-jenis kamera digital sudah mulai bermunculan.

Dengan berjalannya waktu, jenis kamera sudah mulai banyak yang diciptakan yang bertujuan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Tidak hanya itu jenisnya pun sudah banyak, Ada berapakah jenis kamera?, mari kita simak artikel dibawah ini tentang jenis-jenis kamera digital. Cuss!

 

Kamera DSLR

Kamera DSLR ( Digital Single Lens Reflex) sudah menggunakan teknologi auto mirror dan pentamirror, yang memiliki fungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju viewfinder. Kamera DSLR adalah kamera digital yang paling mencukupi dibandingkan dengan kamera digital yang ada saat ini.

Kamera ini mempunyai bodi yang cuku besar ,dengan bodi yang besar membuat kamera DSLR lebih berbobot saat dipegang. Tidak hanya itu jika Anda memasang lensa yang memiliki ukuran besar, body dari kamera ini membuat keseimbangan yang sama antara berat dan ukuran lensa. Bila Anda ingin memiliki kamera dengan level mulai dari entry level, semipro hinggaro, semakin tinggi level semakin canggih fitur yang disediakan dan tentu harganya tidaklah murah alias mahal.

Kamera DSLR mempunyai varian lensa yang paling banyak daripada kamera digital lainnya. Mulai dari yang mempunyai sudut lebar seperti lensa fish eye sampai lensa zoom yang memiliki lebih dari 500mm. Kamera DLSR tidak hanya digunakan untuk mengambil foto saja. Kamera ini bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas yang baik, yaitu HD ( High Definition ). Vlogger juga banyak memakai kamera DSLR untuk membuat video blogging untuk menghasilkan sebuah karya.

Baca Juga : Pengertian Vlog yang Harus Anda Ketahui

 

Kamera Mirrorless

Relevan dengan namanya, kamera ini tidak mempunyai cermin atau pentaprisma. Cahaya akan langsung menuju sensor melewati dan kemudian menunjukkan gambar yang ada pada layar LCD atau di electronic viewfinder (EVF). Jika tidak memiliki cermin, membuat kamera ini jadi memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringkas daripada DSLR. Akan tetapi kamera ini memiliki kemampuan yang setara dengan kamera DSLR level middle-end.

Kamera ini mempunyai ukuran yang kecil, bentuk bodi yang kecil memberikan keuntungan bagi yang menggunakannya yang mengutamakan pergerakan dengan kamera yang lebih ringan. Bukan hanya itu, kamera ini memiliki kelebihan yaitu lensa kamera yang bisa dilepas maka bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saat memfoto, sama halnya seperti DLSR.

Kamera mirrorless memiliki sensor yang umumnya berkategori 4/3. Hal ini sudah mencukupi hasil foto yang setara dengan kamera DSLR. Tombol dari kamera mirrorless juga sedikit dan lebih simple dari kamera DSLR, sehingga kamera ini menjadi favorit bagi para pemula.

 

Kamera Bridge

Kenapa kamera ini disebut bridge? karena menjembatani pengguna kamera pocket agar mendapatkan fitur dan kualitas yang lebih tinggi hampir setara kualitas kamera DSLR. Kamera ini dilengkapi fitur hampir sama DSLR dan juga bisa dipakai dengan otomatis seperti kamera pocke pada umumnya. Harganya juga terjangkau dan ukurannya juga kecil dan ringkas, jenis kamera ini cocok sekali buat Anda yang ingin beralih ke kamera yang semi-profesional.

 

Kamera Point and Shoot

Kamera point and shoot menghilangkan settingan manual seperti mengatur rana, fokus, aperture dan ISO. Kamera jenis ini biasanya mempunyai flash sendiri dan juga sisitem yang dapat memilih sistem pencahayaan yang cocok dengan kondisi dan tempat yang berbeda.

Kamera ini sangat cocok untuk Anda yang baru terjun dalam dunia fotografi, karena kamera ini bisa menyetting serba otomatis. Kamera point and shoot tidak memiliki tombol yang banyak, maka bisa membuat Anda tidak perlu mengatur kamera ini secara manual. Kamera ini dilengkapi dengan fitur touchscreen untuk mengoperasikan kamera agar lebih mudah dipakai.

 

Kamera Aksi (Action Camera)

Kamera ini banyak digunakan bagi anak muda belakangan ini. Biasanya kamera ini digunakan untuk merekam video olahraga ekstrem atau para vlogger. Kamera aksi sering digunakan untuk merekam aktivitas di luar ruangan. Kamera ini tahan terhadap lingkungan ekstrem dan biasa dibawa ke dalam air. Ukuran kamera ini sangat ringkas, sehingga dapat dibawa kemana-mana. Yang paling populer adalah kamera GoPro.

Kamera ini pada umumnya lebih banyak digunakan untuk merekam video daripadi digunakan untuk foto. Biasanya kamera ini diletakkan diatas helm, ukurannya yang kecil lebih mudah untuk dipasang di kendaraan yang melaku kencang. Kamera ini bisa menghasilkan gambar yang cukup bagus, bisa menghasilkan video 1080p dengan kecepatan 30 fps ( frame per second ) dan 720p 60 fps.

Kamera ini juga dilengkapi fitur Image Stabilization, bisa menghasilkan gambar tanpa guncangan walaupun di pasang atas kendaraan yang bergerak kencang.

 

Kamera Medium Format

Kamera ini biasa menggunakan rollfilm. Format film pada kamera ini ditentukan pada panjang foto yang direkam diatas kamera. Kelebihan dari kamera ini adalah ketajaman detail dari objek yang difoto. Biasanya, format film pada kamera medium bermulai dari format 4,5X6, 6X5, 6X7, 6X8, 6X9.

Kamera medium format biasa digunakan untuk komersial untuk foto produk karena mampu menghasilkan gambar yang sangat detail. Dengan kelebihan yang dimilikinya, tidak semua orang bisa mempunyai kamera ini.  Harganya yang bikin dompet insecure. Harganya saja bisa lebih dari 50 juta ke atas. Hmm, Anda tertarik untuk membeli kamera ini?

Baca Juga  : Jenis-jenis sudut dalam pengambilan gambar

 

Kamera Video

Kamera video juga termasuk perkembangan dari generasi sebelumnya pada era analog. Kalau dulu merekam harus menggunakan kaset atau CD, jaman sekarang merekam hanya membutuhkan sebuah kartu memori saja. Akan tetai, kamera ini hanya bisa digunakan mengambil video atau bayangan yang bergerak. Para kontributor televisi sangatlah terbantu dengan adanya teknologi kamera video digital ini, ketika akan mengirim data hasil dari liputan. Sebab bisa diedit secara langsung dikomputer dan hasilnya akan dikirim dikantor melalui internet. Hal ini juga dapat mempermudah kerja para film maker.

 

Kamera Webcam

Webcam ( web camera ) adalah perangkat kamera yang umumnya dihubungkan ke laptop ataupun komputer. Jika Anda memakai webcam maka, gambar Anda akan nampak live kepada siapapun dan diseluruh dunia. Yang pasti membutuhkan internet dan aplikasi yang Anda gunakan. Sehingga Anda bisa menggunakan webcam untuk foto maupun video saat melakukan konferensi video. Saat ini kamera webcam banyak digunakan oleh para youtuber untuk live streaming, ataupun orang lain yang sedang melakukan komunikasi video dan audio.

 

Itulah beberapa jenis kamera digital yang sudah kami rangkum, ada baiknya bila Anda memahami dengan baik fitur dan cara penggunaannya agar hasilnya bisa maksimal.

 

Follow sosial media kami agar mendapat info terbaru dari kami.

Instagram: klik disini

Facebook: klik disini

Twitter: klik disini