Anda Ingin Membuat Video Klip Lagu? Lakukan Hal Ini Dulu!

Jasa Buat Video Klip Lagu Surabaya, RIRISACI Studio 0857 4822 6395Anda sudah pasti pernah mendengar video klip lagu, apakah Anda tertarik membuat video klip lagu? tapi, membuat video klip bukanlah hal yang mudah. Namun, membuat video klip bukanlah hal yang wajib untuk seorang musisi untuk memperkenalkan karya ciptaannya. Akan tetapi, video klip lagu memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pecinta musik untuk memahami karya itu. Tak hanya itu, video klip juga membuat musisi mempunyai tabungan untuk tidak terlalu cepat untuk merilis single berikutnya. Saat ingin membuat video klip umumnya konsep visual datang dari pihak musisi. Tapi konsep juga tercipta karena kolaborasi antara pihak musisi dan pihak jasa video shooting klip lagu (sutradara).

Kerja sama antara sutradara dan musisi ini biasanya terjadi pada musisi yang sudah berpengalaman. Apabila Anda ingin membuat video klip secara mandiri, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan dahulu. Hal-hal ini sangat penting supaya hasil karya visual dari lagu yang Anda kerjakan bisa sesuai ekspetasi dan bisa dinikmati para pecinta musik du dunia. Namun, pasti Anda tetap membutuhkan yang namanya jasa video shooting untuk mempermudah pembuatan video klip lagu. Nah, inilah beberapa langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum membuat video klip lagu.

Baca Juga : Anda Ingin Mengadakan Event atau Acara? Lakukan Hal Ini Dulu!

1. Pilihlah Konsep Yang Unik

Memilih konsep adalah hal yang utama dalam membuat video klip lagu. Konsep ibarat seperti rancangan utama untuk menceritakan lagu yang Anda buat dalam bentuk visual dan audio. Untuk tahap menentukan konsep, Anda juga bisa menciptakan konsep yang unik. Tak hanya itu, Anda juga dapat contoh tambahan dari beberapa video klip lagu musisi yang Anda suka untuk mendapatkan gambaran visual yang cocok untuk konsep video klip Anda. Apabila Anda bingung untuk mencari konsep yang unik, Anda bisa berkolaborasi dengan pihak jasa video shooting untuk memikirkan konsep yang unik.

2. Mencari Ide Yang Kreatif

Selanjutnya setelah Anda sudah mencari konsep yang tepat, Anda juga bisa menambahkan ide – ide kreatif yang ada. Tidak ada batasan atau putus asa untuk mencari ide yang akan diterapkan untuk membuat video klip. Ide yang kreatif bisa Anda ubah agar sesuai dengan keadaan dan menambah sisi yang menarik dari hasil video klip lagu yang Anda buat nanti. Dengan hal ini Anda tidak perlu khawatir jika salah memberikan ide untuk video klip lagu.

3. Buatlah Storyboard

Storyboard adalah hal yang tidak bisa Anda lewati begitu saja saat ingin membuat video klip. Storyboard adalah sebuah sketsa per adegan yang bisa jadi pedoman untuk pengambilan gambar dalam proses pembuatan video klip. Tak hanya itu, peran storyboard juga dapat meminimalisasi resiko detail yang kurang saat mengambil gambar. Makanya itu, hal ini juga bisa Anda gunakan sebagai referensi saat proses editing video. Anda tidak perlu menggambar storyboard serealistis mungkin, intinya adalah mudah dipahami dan berisi detail untuk keperluan saat pengambilan gambar saat proses shooting nanti. Bila Anda pusing untuk membuat storyboard Anda bisa menyerahkannya ke pihak kru jasa video shooting untuk menentukan storyboard.

Baca Juga : Apa Itu Vlog? Simak Penjelasannya Disini.

4. Mencari Talent Yang Cocok

Dalam membuat video klip talent sebenarnya bersifat sesuka hati. Karena apa? Anda sendiri pun juga bisa jadi talent video klip lagu yang Anda buat juga. Tapi, bila Anda merasa peran tersebut tidak bisa Anda perankan, maka lebih baik Anda menggunakan talent, seperti aktor / aktris yang cocok. Apabila budget Anda tidak terlalu besar, Anda bisa mengajak teman yang mempunyai keahlian akting dan melibatkan dalam pembuatan video klip lagu. Anda bisa memberinya imbalan dengan perjanjian tidak akan melebihi budget yang tersedia. Hal ini tentu dapat memberikan karier akting teman Anda.

5. Mencari Kru Pembuatan Video Klip

Kehadiran kru jasa video shooting tidaklah bersifat wajib, Anda pun juga bisa membuat video klip secara mandiri. Akan tetapi, bila Anda menginginkan hasil yang baik, tentu bantuan profesional sangat diperlukan untuk hal teknis. Anda bisa menggunakan kru jasa video shooting dari kota Anda, komunitas ataupun mahasiswa jurusan film agar membantu merealisasikan video klip dari lagu yang Anda ciptakan.

Untuk membuat video klip secara mandiri, Anda tidak perlu memiliki kru yang banyak, tapi tetap saja penuhi posisi penting seperti videografer, penata cahaya, dan sutradara supaya hasil video klip Anda dapat diambil secara baik dan tidak kekurangan detail.

Baca Juga : Cara Memilih Jasa Video Shooting Yang Berkualitas Unggulan

6. Carilah Lokasi Shooting

Video klip adalah tampilan konten gambar, maka itu penting untuk Anda mencari lokasi shooting proses pembuatan video klip lagu. Anda bisa menentukan lokasi ini sesuai dari konsep dan ide yang sudah Anda tentukan. Carilah beberapa lokasi shooting video klip. Menentukan lokasi sesuai kebutuhan konsep dalam pembuatan video klip lagu. Mencari lokasi video klip yang cocok memang agak memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, Anda harus santai mencari lokasi yang ideal. Jika Anda kebingungan Anda bisa menghubungi kru jasa video shooting atau mencari di internet tempat lokasi yang indah dan cocok untuk video klip Anda.

7. Proses Shooting

Apabila semua langkah rencana video klip terpenuhi, Anda bisa langsung proses shooting. Tapi, ada baiknya Anda kembali melakukan cek ulang kembali dari semua langkah sudah Anda lakukan sebelum jadwal shooting supaya tidak ada kendala di tengah-tengah saat proses shooting video klip nanti.

Baca Juga : Tips dan Trik Membuat Video Terlihat Cinematic

8. Editing

Setelah proses shooting selesai, masih ada lagi langkah terakhir yang harus Anda lakukan, apa itu? editing video. Proses editing video video klip ini penting diperhatikan secara detail dan teliti. Pada langkah ini, Anda bisa bereskperiman tentang color grading dan mengatur pencahayaan dan hasil audio dan video dari lagu. Keduanya harus menyatu dalam harmoni yang indah, sehingga penikmat dan penonton akan merasa nyaman saat mendengar dan menontonnya. Biasanya editor akan menggunakan fitur transition dan slit untuk mencocokkan gambar dan musik. Proses editing ini lumayan memakan waktu yang cukup lama. Untuk hal ini Anda bisa menyerahkannya ke pihak kru jasa video shooting editor.

Baca Juga : Rekomendasi Software Editing Untuk Laptop atau PC

 

Nah, itulah beberapa langkah untuk membuat video klip lagu. Membuat video klip lagu memang tidak mudah, ribet, pusing, dan mengeluarkan banyak dana, tapi karya musik Anda akan dikenal banyak orang. Orang-orang akan melihat Anda sebagai musisi yang profesional. Jika beruntung, video klip lagu Anda akan viral dan terkenal, yang pasti hal ini sangat menguntungkan bagi Anda karena bisa mengangkat karir dalam musik Anda. Semoga sukses! Terima Kasih ^_^

 

Social Media

Instagram: klik disini

Facebook: klik disini

Twitter: klik disini