Inilah Perlengkapan Alat Usaha Jasa Dokumentasi Video Shooting

Jasa Video Shooting, Dokumentasi Video Foto RIRISACI STUDIO 085748226395
Jasa Dokumentasi Video Shooting 0857-4822-6395

Usaha jasa dokumentasi video shooting ini walaupun kadang-kadang terlihat diremehkan atau disepelekan, tapi profesi ini adalah salah satu bisnis yang tidak bisa mati, karena semua orang yang ingin mendokumentasikan acara berharganya ingin mempunyai dokumentasinya untuk kenang-kenangan indah. Membangun usaha jasa video shooting tidaklah sulit, Anda bisa memulai usaha ini mulai dengan alat-alat shooting yang sederhana. Anda bisa menawarkan dan melayani customer menengah kebawah dan customer menengah atas. Apabila ingin kualitas video lebih bagus gunakanlah peralatan yang lebih canggih lagi.

Tujuan segmen pasar pun juga beragam, namun secara prinsip alat yang digunakan juga hampir sama. Bila alatnya lebih canggih, pasti harga jualnya lebih mahal, dan juga didukung dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang mumpuni apalagi pelayanannya baik dan cepat pasti harga jual video juga meningkat. Maka Anda harus memerhatikan kualitas peralatan yang digunakan, kemantapan sumber daya manusia nya baik, dan juga pelayanannya ramah serta juga strategi promosinya harus tepat. Perhatikan juga dengan promosi, jika promosi usaha jasa dokumentasi video shooting Anda lakukan dengan baik dan tepat, maka Anda dapat meningkatkan pasar yang lebih luas lagi.

Nah, pada artikel kali ini Ririsaci Media membahas tentang peralatan apa saja yang digunakan dalam jasa dokumentasi video shooting. Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas peluang usaha jasa video shooting, Anda bisa membacanya disini >(baca : peluang usaha jasa video shooting dan foto). Kali ini Ririsaci Media akan bahas peralatan usaha jasa shooting. Yuk!

 

1. Alat Kamera Video

Kamera video biasa digunakan untuk usahawan jasa dokumentasi video shooting dan mempunyai berbagai ragam jenis mereknya. Apabila Anda mempunyai dana yang minim Anda dapat membeli kamera Handycam yang bisa digunakan untuk merekam gambar dan suara. Zaman dulu kamera Handycam merekam menggunakan kaset atau tape VHS, MiniDV, Betacam. Namun saat ini serba canggih, kamera Handycam sudah menghasilkan video dengan kualitas HD (High Definition). Bila Anda membuka jasa shooting kelas menengah, alat kamera video minimal setidaknya sudah mempunyai sensor 3CCD atau keatas, kamera ini memiliki body yang lebih besar dan kualitas dari videonya juga lebih bagus dari kamera Handycam biasa. Biasanya, para usaha jasa shooting menengah menggunakan kamera video minimal kamera Panasonic MD 10.000.

Apabila Anda ingin mempunyai usaha jasa video shooting yang lebih tinggi lagi, tentu peralatan shooting juga harus lebih canggih lagi dari kelas bawah. Bukan itu saja, kualitas sumber daya manusia yang bekerja harus juga lebih profesional dan mempunyai ide kreatif yang tinggi dalam seni video. Pengusaha jasa video shooting yang menargetkan segmen pasar tingkat atas ini dengan alat yang canggih dan SDM yang baik mereka juga mampu mengemas video dokumentasi acara yang unik dan berbeda tentu dengan konsep yang lebih jelas.

2. TV Monitor & Mixer Video

Peralatan ini dibutuhkan apabila kegiatan dokumentasi acara besar menggunakan lebih dari satu kamera atau biasa disebut multicam. Dengan Mixer Video ini semua gambar dari kamera bisa dimasukkan dan dapat ditampilkan lewat TV monitor. Untuk menampilkan gambar bisa dipilih dan dapat ditampilkan langsung dengan tv atau proyektor.

Alat ini mempunyai fitur yang berbeda dan harganya juga berbeda, merknya juga banyak jenisnya. Alat ini biasanya dioperasikan oleh orang yang cukup ahli dalam video editing, hal ini karena sangat terkait dengan kemampuan memisahkan gambar – gambar yang akan ditayangkan. Umumnya, hasil editan gambar dari mixer video ini dapat ditransfer langsung ke DV Recorders dan hal ini tentu bisa mempercepat editing video.

3. Lightning

Lampu lightning sering digunakan untuk jasa dokumentasi video shooting yang berfungsi untuk menerangi dan juga menstabilkan warna pada video agar seimbang. Lampu lightning juga mempunyai teknik tersendiri yang biasa digunakan saat dokumentasi, caranya ialah menempelkan lampu di atas kamera, dan juga ada crew yang memegangi lampunya disebelah kameraman. Yang paling mudah adalah meletakkan lampu di area shooting menggunakan tripod.

Lightning pun juga banyak jenisnya, dibawah ini kita sebutkan :

  •  Open Face Instrument 

Lampu ini merupakan lightning yang paling dasar dan sederhana, lampu ini tidak ada pelindung lensanya yang bisa mengontrol arah fokus cahaya. Lightning Open face ini menggunakan reflektor yang merupakan alat untuk mengarahkan cahayanya ke depan. Contoh lampu lightning jenis ini adalah Redhead 800w dan Blonde 2000w.

  • Lightning Fresnel 

Lightning ini terdiri dari lensa prisma berpola melingkar dan lampu lightning ini terkenal karena beratnya tidak terlalu berat. Kontrol dan fleksibelnya juga sangat tinggi, lampu fresnel yang biasa digunakan yaitu ARRI 650w Fresnel dan ARRI 300w Fresnel.

  • Ellipsoidal Light

Jenis lightning ini berbentuk unik dan panjang, kalau lensa fresnel bentuk dari polanya melingkar. lampu ini menggunakan lensa cembung yang membuat cahayanya tajam dan rata. Lampu lightning ellipsoidal umumnya digunakan di teater untuk menerangi para aktor. Lampu lightning ini wajib dimiliki oleh usahawan jasa dokumentasi video shooting.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kamera Digital 

4. Alat Record Audio

Peralatan shooting selanjutya adalah perekam audio, tidak hanya perekam gambar saja. Bagi Anda yang ingin memiliki usaha video shooting Anda harus mempertimbangkan kualitas audio sehingga Anda sudah menyiapkan alat perekam audio. Apabila budget Anda minim, merekam audio juga bisa menggunakan laptop atau komputer yang tersambung dengan langsung dengan mixer sound system. Dan jika budget Anda banyak, bisa membeli DV Recorder (DVRs). Alat ini bisa merekam audio dan video di satu tempat ini, kamera video hanya sebagai penangkap gambar saja.

Baca Juga : Perlukah Menggunakan Jasa Video Shooting? Simak Manfaatnya!

5. Kabel Power dan RCA

Kabel RCA biasa digunakan untuk menyalurkan data video dan gambar yang terhubung dengan kamera dengan mixer, mixer dengan DV recorders, DV recorders dengan sumber suara dan lain sebagainya. Sedangkan kabel power digunakan untuk hampir semua bagian yang membutuhkan sumber daya listrik seperti contoh, tv monitor, mixer video, lampu, dan tentu kamera. Kabel ini digunakan hanya tergantung kebutuhan saja, bila lampu menggunakan LED biasanya dengan baterai saja sudah cukup, sedangkan kamera harus mempersiapkan baterai cadangan kapasitas khusus dan akan awet digunakan hingga acaranya selesai. Baterai cadangan wajib punya untuk backup bila baterainya habis. Hal ini juga sangat penting untuk usaha jasa dokumentasi video shooting.

6. Perangkat Editing

Perangkat editing video bisa menggunakan laptop maupun komputer yang digunakan untuk mengedit suara dan gambar yang sudah direkam di kamera dan audio record. Apabila editing video sudah dilakukan saat acara berlangsung, tapi pengeditan video dikomputer juga perlu dilakukan untuk menyempurnakan suara dan gambar.

Baca Juga : Software Editing Terbaik Untuk PC / Laptop

Nah itulah teman-teman peralatan shooting yang wajib dimiliki bagi yang ingin mendirikan usaha jasa dokumentasi video shooting. 

 

Butuh Jasa Dokumentasi Video Shooting? Ririsaci Studio Solusinya!

‘Jasa dokumentasi video dan foto hubungi Ririsaci Studio 0857 4822 6395’

 

Ikuti Kami

Instagram: klik disini

Facebook: klik disini

Twitter: klik disini