Inilah 9 Daftar Harga Peralatan Usaha Jasa Video Shooting

Jasa Video Shooting 0857-4822-6395 RIRISACI StudioApakah Anda pernah kepikiran untuk membuka usaha jasa video shooting? untuk mendirikan usaha jasa video shooting bukanlah hal yang terlalu sulit, jasa ini bisa dimulai dari peralatan yang sederhana dan melayani konsumen menengah kebawah dan peralatan yang canggih Anda bisa melayani konsumen menengah ke atas. Apapun tujuan pemasarannya, tapi prinsipnya sama yaitu peralatan yang digunakan sama. Yang menjadi perbedaannya adalah peralatan pada kualitas peralatan yang digunakan, kecepatan melayani konsumen, dan tentu strategi marketing yang dilakukan.

Peralatan yang berkualitas tinggi tentu akan menaikkan harga dari jasa video shooting, pelayanan yang cepat juga dapat menaikkan harga yang lebih tinggi, dan juga kualitas SDM nya yang tinggi maka harganya bisa lebih tinggi lagi, harga menentukan kualitas. Dengan hal ini, harga jual video bisa lebih mahal, sama halnya dengan promosi, bila dilakukan dengan baik maka dapat menggapai pasar yang lebih luas.

Nah, kali ini kita langsung saja bahas daftar harga peralatan jasa video shooting secara lengkap dibawah ini, simak baik-baik.

1. Kamera Video

Untuk mendirikan usaha jasa video shooting untuk kelas menengah, kamera video yang dipakai minimal sudah dilengkapi sensor 3CCD atau keatasnya, kamera ini mempunya bentuk body yang lebih besar dan kualitas videonya lebih bagus dari Handycam biasa. Para usaha video shooting biasanya menggunakan kamera Panasonic MD 10.000. Harga dari kamera video MD 10000 sekitar kurang lebih sekitar Rp. 2.500.000,jt saja, namun kualitas videonya juga cukup bagus untuk mendokumentasikan sebuah acara atau event tertentu.

Apabila ingin jasa video shooting kelas atas, tentu peralatan kamera harus lebih berkualitas dari kelas bawah. Bukan itu saja, kualitas sumber daya manusia harus juga mumpuni, karena dituntut harus bekerja secara profesional dan mempunyai skill dalam seni videografi yang cukup tinggi. Minimal jenis kamera yang digunakan adalah DSLR Canon EOS 650D dengan kualitas yang sudah mantap. Harga kamera DSLR Canon 650D di Indonesia sekitar Rp. 5.850.000 dengan kondisi baru, dan harga termurahnya adalah Rp. 4.108.500, kamera DSLR Canon 650D ini mempunyai resolusi 18MP dan dilengkapi sensor CMOS, shutter speed 30-1/4000 detik, ISO 100-12800 dan Full HD (High Definition) video. Kamera ini minimal wajib dimiliki usahawan jasa video shooting untuk hasil yang bagus.

2. Audio Recorder

Bukan hanya alat perekam video saja, kebanyakan mereka yang membuka usaha jasa video shooting pasti mereka selalu memerhatikan kualitas suara/audio dan Anda juga harus mempersiapkan alat perekam audio khusus. Anda bisa membeli perekam suara sam recorder, sam recorder memiliki harga sekitar Rp. 200rban saja dengan kapasitas penyimpanan sekitar 8GB. Anda bisa membelinya di toko online seperti tokopedia dan lainnya. Apabila dana Anda terbatas, merekam audio bisa menggunakan HP atau Laptop yang disambungkan langsung ke mixer sound sistem. Dan jika dananya besar, Anda bisa menggunakan DV Recorder yang bisa menangkap gambar maupun audio.

3. Mixer Video

Alat mixer video ini hanya digunakan saat shooting menggunakan banyak kamera atau multicam dan ditayangkan secara langsung melalui Youtube, televisi maupun media livestreaming lainnya. Mixer video akan menampilkan semua gambar dari kamera dan bisa dilihat melalui TV monitor. Namun bagi Anda yang ingin menargetkan pasar kelas tinggi alat ini perlu dibeli, karena untuk kebutuhan saat live streaming alat ini sangat berguna. Jenis dan merk dari mixer video ini cukup banyak, dan setiap merk tentu mempunyai fitur dan harga yang berbeda.
Alat ini biasanya dioperasikan oleh seseorang yang ahli dalam editing video, hal ini berhubungan dengan keahlian dalam memilih dan memilih sebuah gambar yang ditampilkan. Hasil editing video dan audio biasanya langsung ditransfer ke DV Recorder, hal ini bisa mempercepat proses editing. Anda bisa menggunakan mixer video AVMATRIX HVS0402U yang dibandrol dengan harga Rp. 6.500.000. Namun dalam jasa video shooting alat ini jarang digunakan.

4. Lightning / Lampu

Alat jasa video shooting ini harus wajib di miliki. Lightning berfungsi untuk penerangan dan juga menyeimbangkan gambar pada video untuk keseimbangan warna. Biasanya lightning ditaruh diatas kamera, hingga menambah orang untuk memegangi lampu disamping kameramen, bila tidak ingin susah-sudah bisa menggunakan tripod saja. Dan bisa memasang lampu dimana saja agar kameramen bisa bergerak kesana kemari. Jenis lightning pun juga beragam ada yang kecil dan besar sesuai kebutuhan saja. Lightning biasanya digunakan untuk shooting didalam ruangan, harga dari lightning yang kecil kisaran Rp. 100.000 hingga Rp. 3.000.000an, semakin mahal harganya tentu kualitas lightning lebih terang dan merata.

5. Greenscreen

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Green Screen. Alat ini tidak lagi menjadi hal yang baru, karena jaman sekarang shooting film sudah menggunakan kain berwarna hijau ini saat melakukan shooting. Green screen berfungsi sebagai backdrop atau background saat proses shooting. Nantinya background hijau akan diedit dengan background digital dengan efek-efek visual yang sesuai konsep yang diinginkan. Harga dari greenscreen umumnya dijual dengan harga Rp.250.000 sudah dilengkapi dengan standnya. Alat ini biasa dibeli dan digunakan jasa video shooting untuk perekaman video didalam ruangan.

6. Tripod

Tripod adalah salah satu alat jasa video shooting yang biasa digunakan untuk menstabilkan kamera saat melakukan shooting. Tripod merupakan penyangga yang mempunyai tiga kaki yang berfungsi menopang kamera. Alat ini dapat membantu Anda saat pengambilan gambar agar tidak capek membawa kamera terus. Harga dari tripod pun cukup beragam mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 1.000.000 sesuai kebutuhan masing-masing. semakin mahal harganya semakin bagus kualitasnya dan tentu pasti awet.

7. Handy Talky

HT atau Handy Talky untuk berkomunikasi dan bentuknya mirip dengan telepon genggam yang bisa menghubungkan dua orang atau lebih dan berkomunikasi menggunakan gelombang radio. HT merupakan alat komunikasi yang bersifat sementara karena salurannya bisa diganti-ganti sesuai keinginan. Saat Anda mendapatkan projek besar entah produksi film, live streaming, ataupun dapat job besar, maka HT ini sangat berguna. Dimana tim shooting Anda kameramen, sutradara, dan kru wajib menggunakan HT. Hal ini bertujuan untuk mempermudah komunikasi dan pekerjaan, apabila ada masalah atau bantuan sutradara bisa berkomunikasi lewat HT. Harga Handy Talky sekitar Rp. 300.000 untuk yang paling murah. Alat jasa video shooting ini perlu Anda beli, apabila nanti membutuhkan Anda tidak perlu membeli lagi.

8. Reflektor

Apa itu Reflektor? Reflektor adalah sebuah alat yang bisa memantulkan cahaya, suara dan juga radiasi elektro-magnetis. Alat ini bisa memantulkan cahaya dan sering disebut mata kucing. Reflektor biasanya digunakan untuk menerangi bagian tertentu yang cahayanya tidak merata, dengan reflektor yang tadinya cahayanya tidak rata akan menjadi rata dan tidak gelap bagian tertentu. Reflektor dibandrol dengan harga Rp. 150.000 dan wajib pengusaha jasa video shooting punya.

9. Perangkat Editing

Peralatan jasa video shooting yang terakhir adalah komputer atau laptop untuk editing video. Alat ini wajib punya untuk semua usahawan jasa video shooting. Setelah Anda melakukan pengambilan gambar, sudah pasti langkah selanjutnya adalah editing video. Anda bisa menggunakan beberapa software editing video untuk mengedit, hal ini wajib dilakukan agar video terlihat lebih nyaman ditonton dan menarik. Jika Anda kebingungan software apa yang Anda ingin gunakan, baca artikel ini (rekomendasi software editing ringan PC/Laptop). Anda bisa memilih pc/laptop yang memadai, agar saat proses editing nanti tidak mengalami lag atau lambat.

 

Nah, diatas adalah daftar harga peralatan jasa video shooting. Membuka usaha jasa video shooting memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, tapi dengan alat-alat yang bisa digunakan berkali-kali maka modal akan akan tergantikan dengan keuntungan yang besar. Jasa video shooting saat ini banyak dibutuhkan karena meningkatnya kebutuhan dokumentasi, dan bahkan sekarang dunia saat ini mencari informasi lewat video, hampir semua didunia ini semuanya sudah serba video, seperti Youtube, Instagram, Facebook dan masih banyak lagi. Demikian artikel daftar harga peralatan jasa video shooting kali ini, semoga bermanfaat dan sukses!.

 

Butuh Jasa Video Shooting Berpengalaman?

Klik Disini

 

Follow Social Media Kami:

Instagram: klik disini

Facebook: klik disini

Twitter: klik disini